Beranda Kota Tangerang Arief Periksa Saluran Air di Lokasi yang Kerap Terjadi Genangan

Arief Periksa Saluran Air di Lokasi yang Kerap Terjadi Genangan

16
0

TangerangSatu.co.id, KOTA TANGERANG – Mengantisipasi intensitas curah hujan tinggi yang diperkirakan bakal mengguyur wilayah Kota Tangerang pada 18 – 19 Februari 2021, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Tangerang Decky Priambodo serta jajaran Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang meninjau langsung sejumlah saluran di titik lokasi yang kerap terjadi genangan air.

“Siang ini kami mengecek beberapa titik saluran, seperti di Jalan Hasyim Ashari, Jalan MH Thamrin dan Jalan Daan Mogot. Kami memastikan saluran yang berada di jalur-jalur utama berfungsi dengan baik dan langsung kami lakukan normalisasi dengan membersihkan sampah serta lumpur pada saluran,” ucap Arif saat ditemui di lokasi di wilayah Kecamatan Tangerang, Kamis 18 Februari 2021.

Sebelumnya, Arief juga menginstruksikan dalam rapat yang diikuti Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup, BPBD serta Camat dan Lurah se – Kota Tangerang untuk melakukan pengecekan di setiap drainase yang berada di jalur utama maupun lingkungan sebagai langkah mengatasi genangan di Kota Tangerang.

“Segera periksakan saluran-saluran yang ada, saling berkoordinasi apabila ada permasalahan pada saluran agar bisa diperbaiki,” tukas Arief.

Warga Pinang Gotong Royong

Menindaklanjuti arahan Wali Kota Tangerang, Camat Pinang Kaonang bersama jajaran di 11 kelurahan dan Dinas PUPR Kota Tangerang serta masyarakat melakukan gotong royong membersihkan saluran air di lingkungan yang berpotensi timbul genangan, Kamis 18 Februari 2021.

Di lingkungan RW 01 Kelurahan Kunciran Indah, Camat Pinang Kaonang bersama Sekretaris Kecamatan Pinang Tihadi A didampingi Lurah Kunciran Indah Yudi Hendra Permana memimpin langsung kerja gotong royong membersihkan saluran air yang sudah mendangkal akibat endapan sedimen (lumpur) yang menumpuk.

“Sesuai arahan bapak Wali Kota Tangerang, hari ini 11 kelurahan di wilayah Kecamatan Pinang melakukan kerja bakti membersihkan saluran di lingkungan yang berpotensi terjadi genangan air manakala hujan deras mengguyur. Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam dua hari ini cuaca akan turun hujan,” jelas Camat Pinang Kaonang didampingi Sekretaris Kecamatan Pinang Tihadi A dan Lurah Kunciran Indah, Yudi Hendra Permana.

Dikatakan Kaonang, di wilayah Kecamatan Pinang ada lima titik berpotensi terjadi genangan dan banjir. Dalam menanggulangi persoalan tersebut, pihaknya melakukan pembenahan jangka pendek, menengah dan panjang.

“Saat ini kami lakukan pembenahan jangka pendek. Terutama saluran air di RW 01 Kunciran Indah ini sedimennya cukup tinggi dan gorong-gorong di bawah jalan tol tersumbat jaringan kabel dan turapnya kurang tinggi. Kami lakukan pengerukan sedimen dengan menggunakan tenaga manual,” beber Camat Pinang Kaonang.

Sementara penanganan jangka menengah, kata Kaonang perlu dilakukan penurapan dan penyelesaian masalah di ujung muara saluran agar air mengalir lancar dan tak ada genangan di lingkungan Kunciran Indah.

Didampingi kru Pinang TV, Camat Pinang Kaonang pun blusukan ke semak-semak dan rawa menyusuri saluran air di belakang rest area kilometer 14 Tol Jakarta – Tangerang. Ia mencari tahu pangkal persoalan tersumbatnya saluran air yang mengakibatkan sebagian wilayah Kelurahan Kunciran Indah kerap tergenang.***

Ateng San

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here