Beranda Kota Tangerang Camat Pinang Paparkan Implementasi Nilai Pancasila Kepada Anggota Babinsa Kodim 0506 Tangerang

Camat Pinang Paparkan Implementasi Nilai Pancasila Kepada Anggota Babinsa Kodim 0506 Tangerang

485
0

TangerangSatu.co.id KOTA TANGERANG – Dasar negara Republik Indonesia yakni Pancasila harus terus kita jaga dari segala rongrongan. Kita juga harus memahami, menghayati dan mampu mengamalkan dengan sebaik-baiknya makna kandungan Pancasila.

“Sehingga dalam implementasinya kita bisa melaksanakan secara murni dan konsekwen. Segala pengaruh dari luar maupun dari dalam yang merongrong keutuhan NKRI, kita sebagai anak bangsa harus menguatkan diri menjaga persatuan, kesatuan dan keutuhan NKRI,” papar Camat Pinang Kaonang.

Kaonang menegaskan hal itu di hadapan anggota Babinsa sewilayah Kodim 0506/Tangerang dalam pembekalan materi Kampung Pancasila yang bertajuk Implementasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari yang digelar Koramil 01/Tgr di aula Kecamatan Pinang Kota Tangerang, Kamis 21 Januari 2021. Sarasehan itu dibuka Danramil 01/Tgr Mayor Arh Didik Wahyudi.

Dikatakan Kaonang, hantu bernama radikalisme berupaya merasuki sendi-sendi bangsa. Maka itu kita harus menempatkan kesatuan, persatuan dan keselamatan bangsa serta negara di atas kepentingan pribadi atau golongan.

Implementasi dari Pancasila sambung Kaonang, sebagai aparatur negara, kita membantu tanpa memilih agama atau pun golongan. Kita harus berdiri di atas semua golongan dan semua agama. Pancasila dasar negara harus menjadi spirit hubungan internasional.

“Bangsa Indonesia punya sejarah kelam yakni ada pihak-pihak yang mengganģgu ideologi Pancasila. Di antaranya DI/TII dan PKI,” Papar Camat Pinang Kaonang.

Komandan Koramil 01/Tgr Mayor ARH Didik Wahyudi menjelaskan para Babinsa sewilayah Kodim 0506 Tangerang ini diberi pembekalan mengenai Pancasila untuk menjadi Duta Pancasila si masing-masing wilayah Koramil.

“Hari ini para Babinsa dibekali materi mengenai implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Ini sebagai embrio Kampung Pancasila. Nantinya akan meluas ke seluruh wilayah kelurahan yang dibina oleh Babinsa,” ungkap Danramil 01/Tgr Mayor ARH Didik Wahyudi.

Danramil 01/Tgr menegaskan, sebagai ideologi negara, Pancasila harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Babinsa akan menjabarkan itu kepada masyarakat di wilayah binaan masing-masing.***

•Ateng San

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here