Beranda Gaya Hidup Diet di Bulan Ramadhan? Santap 5 Hidangan Makanan Buka Puasa Ini untuk...

Diet di Bulan Ramadhan? Santap 5 Hidangan Makanan Buka Puasa Ini untuk Diet yang Sehat dan Sukses!

335
0

TangerangSatu.co.id РTidak terasa bulan Ramadhan akan datang sebentar lagi, sudah saatnya menjadwalkan buka puasa bersama bersama teman-teman. Banyak rekomendasi tempat bukber di Jakarta Selatan yang bisa menjadi opsi tempat buka bersama. Bagi Anda yang sedang menjalankan diet, tentu kegiatan tersebut tidak akan menjadi halangan, Anda bisa memesan menu makanan yang sekiranya rendah kalori dan diet friendly. Kira-kira apa saja ya menu makanan berbuka puasa yang diet friendly? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Nasi Merah
Ketika sedang diet, seseorang tidak diperkenankan untuk sama sekali tidak mengkonsumsi karbohidrat. Sebab, karbohidrat merupakan salah satu kebutuhan tubuh yang wajib dipenuhi. Maka dari itu, walaupun diet Anda tetap harus mengonsumsi karbohidrat namun tetap dalam kadar atau porsi yang sesuai. Namun ada juga beberapa orang yang mengakalinya dengan mengganti konsumsi nasi putih menjadi nasi merah. Anda bisa melihat bahwa banyak orang yang sedang melakukan diet akan mengkonsumsi nasi merah sebagai pemasok karbohidrat untuk tubuh mereka.

Beberapa penelitian memang mengatakan bahwa beras merah secara signifikan lebih memiliki potensi untuk melawan radikal bebas serta di dalamnya terdapat kandungan antioksidan flavonoid yang lebih tinggi dibandingkan beras coklat. Indeks glikemik pada beras ini pun hanya berkisar di angka 50-55 saja, dimana angkanya lebih rendah dibandingkan nasi putih yakni 56-78. Bagi Anda yang belum tahu, indeks glikemik merupakan angka yang menunjukkan potensi peningkatan kadar gula darah dalam tubuh pada suatu jenis makanan. Tidak hanya itu, nasi merah juga dipercaya memiliki kandungan serat yang banyak, sehingga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama sekaligus menjadi suplai energi pada tubuh Anda pada saat puasa.

2. Teh dan 3 Buah Kurma
Tampaknya teh akan selalu menjadi minuman khas yang disajikan pada saat sahur maupun buka puasa. Memiliki rasa yang manis, biasanya minuman ini akan disajikan bersama buah khas bulan Ramadhan juga yang bernama kurma. ketika Anda diet, Anda bisa menjadikan opsi minuman dan makanan ini sebagai hidangan pembuka puasa Anda. Untuk minumannya tehnya, usahakan agar teh tidak memiliki kandungan gula yang banyak atau tinggi. Sebab akan mempengaruhi pola diet Anda.

Pada makanan kurma sendiri, buah ini memiliki banyak manfaat yakni mengandung nutrisi yang baik untuk diet seperti zat besi, vitamin B6, potasium, magnesium, hingga fiber yang dapat memperlancar pencernaan Anda. Terdapat sebuah penelitian yang melibat 21 orang, dimana penelitian tersebut melibatkan orang-orang tersebut mengkonsumsi 7 buah kurma per harinya selama 21 hari dan hasilnya mereka mengalami peningkatan frekuensi Buang Air Besar (BAB) yang rutin dibandingkan ketika mereka tidak mengkonsumsi kurma.

3. Salad Buah
Bukan hal yang rahasia lagi apabila salad buah menjadi makanan yang sering dikonsumsi orang-orang yang sedang diet. Pasalnya buah-buah yang menjadi bahan utama pada pembuatan makanan yang satu ini kaya akan serat, sehingga dapat memperlancar pencernaan Anda. Tidak hanya itu, buah juga dapat menutrisi tubuh Anda yang telah seharian penuh berpuasa, dimana dapat kembalinya stamina dengan mengkonsumsi buah tersebut.

Selain itu pembuatan makanan yang satu ini sangat mudah, hanya perlu beberapa buah seperti apel, kiwi, naga, anggur, dan buah lainnya, lalu tambahkan madu atau yogurt sebagai penambah rasa. Setelah itu salad siap untuk disantap. Agar lebih segar, Anda bisa meletakkan salad buah dalam kulkas agar memberikan sensasi dingin ketika dikonsumsi.

4. Sate Dada Ayam
Penggemar ayam harus merapat! Sebagai orang yang sedang melakukan diet dan sangat gemar mengkonsumsi ayam, maka Anda harus tahu bahwa tidak semua bagian ayam dapat dikonsumsi oleh Anda, sebab beberapa bagiannya memiliki kandungan kalori dan lemak yang tinggi, tentu tidak baik untuk dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalankan diet. Satu fillet dada ayam tanpa kulit dengan berat sekitar 100 gram, ketika sudah dimasak maka akan menghasilkan kalori sebesar 150 kalori. Sangat rendah, bukan?

Dada ayam memiliki komposisi sekitar 20 persen lemak dan 80 persen protein. Agar tidak membosankan, Anda bisa mengolah dada ayam menjadi olahan makanan yang menarik namun tetap lezat. Seperti sate dada ayam contohnya, Anda bisa mengolahnya dengan membuat sate dada ayam versi taichan, bumbu kacang, dan lainnya.

5. Oatmeal
Oatmeal merupakan makanan biji-bijian yang direbus bersama air ataupun suru. Biji-bijian yang digunakan dalam pembuatan oat diklaim menjadi salah satu biji-bijian yang sehat, bebas dari gluten, memiliki sumber vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang tinggi. Makanan yang satu ini diketahui dapat mengontrol rasa lapar Anda dan membuat Anda merasa kenyang dikarenakan kandungan air dan serat larut yang terbilang tinggi di makanan ini. Agar tidak terlalu bosan, penikmat oatmeal biasanya akan memvariasikan makanan ini dengan tambahan buah, biji-bijian, hingga madu rendah kalori.

Nah itu dia tadi beberapa rekomendasi makanan berbuka puasa untuk Anda yang sedang melakukan diet. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan Anda selama berpuasa menjelang Lebaran. Pantau terus promo Ramadhan Shopee dengan nama Shopee Big Ramadhan Sale. Di situ, Anda akan mendapatkan promo yang beragam mulai dari Gratis Ongkir Super Dahsyat, Flash Sale Akbar Rp1, & THR Kaget 15 M. Promo ini bisa Anda nikmati mulai dari 13 Maret hingga 22 April 2023 nanti! Belanja kebutuhan hanya di Shopee! (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here