Beranda Nasional Jadi Narasumber Seminar Internasional, Wali Kota Tangerang Berbagi Pengalaman Tangani TBC

Jadi Narasumber Seminar Internasional, Wali Kota Tangerang Berbagi Pengalaman Tangani TBC

473
0

TangerangSatu.co.id, KOTA TANGERANG – Wali Kota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah didaulat menjadi pembicara dalam Indonesia Tuberculosis International Meeting tahun 2022 yang dilaksanakan di salah satu hotel di kawasan Sanur, Bali yang digelar tanggal 09 – 10 September 2022.

Ditunjuknya Arief sebagai pembicara dalam kegiatan yang memasuki tahun ke 4 tersebut, tidak terlepas dari upaya pemerintah Kota Tangerang dalam penanganan TBC yang juga melibatkan peran serta dari seluruh masyarakat. Upaya-upaya tersebut antara lain pemenuhan fasilitas layanan pengobatan dan skrining TBC di 37 Puskesmas dan 34 RS, kemudian pembentukan 1000 kader TBC termasuk juga keterlibatan komunitas sekolah melalui gerakan Ransel TBC.

Dalam acara yang juga dihadiri oleh perwakilan dari WHO, USAID dan juga beberapa organisasi kesehatan Internasional dan Nasional, Arief menyampaikan pentingnya kolaborasi sektoral seluruh pemangku kepentingan dalam penanganan TBC.

“Ini menjadi tantangan bagi kita semua untuk menyelesaikan permasalahan TBC, ” ujar Arief mempresentasikan program penanganan TBC, Jumat 9 September 2022.

Namun, lanjut Arief dengan pola kerjasama dan keterlibatan semua pihak penanganan TBC bisa dilakukan. “Semua pihak terlibat para kader, orang tua. Melalui program Ransel kita menjadikan anak-anak sekolah sebagai duta besar penanganan TBC di sekolah,” jelas Arief.

Selain itu, Arief dalam acara yang menjadi bagian dari G20, menyampaikan komitmen besar pemerintah Kota Tangerang yang juga didukung oleh kebijakan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat, menjadi kunci keberhasilan penangananan TBC.

“Kita sudah mengeluarkan aturan terkait penanganan TBC termasuk juga mengalokasikan anggaran untuk penanganan TBC,” tutur Arief seraya menerangkan bahwa untuk penanganan TBC Pemkot Tangerang telah mengeluarkan Peraturan Walikota Nomor 67 tahun 2021juga alokasi anggaran untuk kesehatan yang mencapai 60%.

Indonesia Tuberculosis International Meeting tahun 2022 diikuti peserta dari luar negeri antara lain dari Singapura, Australia, Nigeria, Nepal, India, Amerika dan Swedia. Kegiatan tersebut juga menghadirkan Menteri Kesehatan yang menjadi Keynote Speaker, bersama narasumber dari WHO South East Asia Dr Mukta Sharma.***

• Ateng San

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here