Beranda Olah Raga Kota Tangerang Juara Umum Popda XI Banten 2024

Kota Tangerang Juara Umum Popda XI Banten 2024

52
0

TANGERANGSATU.CO.ID, KOTA TANGERANG – Ratusan atlet kebanggaan Kota Tangerang, sukses menorehkan sejarah baru, yakni menaklukkan juara umum. Yakni dengan total 235 medali pada gelaran Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XI Banten yang berlangsung di Kota Tangerang.

Tak pernah meraih juara umum, sepanjang Provinsi Banten berdiri. Ini adalah tahun hal luar biasa bagi Kota Tangerang, dengan raihan 235 medali, yaitu 94 medali emas, 74 medali perak dan 67 medali perunggu.

Diketahui, posisi kedua diduduki Kota Tangerang Selatan dengan 206 medali, yaitu 63 emas, 64 perak dan 79 perunggu. Dilanjut posisi ketiga, Kabupaten Tangerang dengan 138 medali, yaitu 46 emas, 41 perak dan 51 perunggu.

Sedangkan di posisi keempat, Kota Cilegon dengan 106 medali, disusul Kota Serang dengan 98 medali. Posisi keenam, ada Kabupaten Lebak dengan 86 medali, posisi ketujuh ada Kabupaten Serang dengan 62 medali dan terakhir ada Kabupaten Pandeglang dengan 62 medali.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang Kaonang menuturkan, ini sejarah yang tidak main-main. Di mana, Kota Tangerang memiliki selisih medali yang jauh dengan Kota Tangerang Selatan di posisi kedua yaitu 31 medali emas.

“Kota Tangerang di Popda XI Banten ini menangnya telak. Dominasi Kota Tangsel sudah dasawarsa, tapi Kota Tangerang berhasil memutus itu. Bukan soal menjadi tuan rumah pasti juara umum, Kabupaten Tangerang pernah jadi tuan rumah tapi yang menang Kota Tangsel, begitu juga Kota Serang,” tegas Kaonang, usai gelaran penutupan Popda XI Banten berlangsung, di Stadion Benteng Reborn.

Kaonang pun mengaku, cabor-cabor Kota Tangerang memang banyak yang menunjukkan perkembangannya. Seperti tinju yang sebelumnya hanya satu emas, kali ini lima emas. Cabor renang sebelumnya satu emas, di Popda tahun ini lima emas, tak terkecuali cabor panjat tebing dan masih banyak lagi.

“Walau ada satu dua cabor yang butuh di evaluasi. Tapi Popda XI Banten ini, seluruh atlet Kota Tangerang sudah memberikan yang terbaik. Ini torehan sejarah yang tak akan terlupakan, saatnya tingkatkan untuk mempertahankan juara umum di tahun-tahun selanjutnya,” kata Kaonang.

Ia pun menuturkan, rasa bangga dan terima kasih sebesar-besarnya atas nama Pemkot Tangerang kepada seluruh atlet, official, pelatih dan tak terkecuali para orang tua atlet.

“Pemkot Tangerang berharap, usai torehan prestasi pada Popda XI Banten ini, seluruh atlet Kota Tangerang dapat melanjutkan prestasinya di ajang-ajang nasional hingga internasional. Selamat dan terima kasih, kamu bangga pada kalian,” seru Kaonang.***

Ateng San

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here