Beranda Kota Tangerang Pascom 2024 Digelar, 800 Pramuka Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat Lomba...

Pascom 2024 Digelar, 800 Pramuka Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat Lomba di Stadion Benteng Reborn

80
0

TANGERANGSATU.CO.ID, KOTA TANGERANG – Perhelatan Patriot Scout Competition (Pascom) resmi dibuka Wakil Ketua Bidang Binawas Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Tangerang, Ujang Hendra Gunawan di Stadion Benteng Reborn, Sabtu pagi 24 Februari 2024.

Pascom ini diikuti Pramuka Penggalang dan Penegak sebanyak 160 regu dari Provinsi Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat. Setiap regu terdiri dari lima anggota dengan melombakan olahraga tradisional (masyarakat), ketangkasan dan senam. Dari jumlah regu yang menjadi peserta tersebut, Pascom 2024 diikuti sebanyak 800 orang Pramuka penggalang dan penegak. Pascom 2024 merupakan rangkaian hari ulang tahun Kota Tangerang ke 31 dan hari Baden Powell ke 167.

Hadir dalam pembukaan tersebut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang Kaonang, Sekretaris Dispora Eny Nuraeny, Kabid Pemuda Dispora Supendi, Kabid Olahraga Dispora Jejen Jaenudin, Ketua Tim Kerja Bidang Pemuda Bobby Yunandar, Nurhasanah, Gamal Pribadi, Ketua Tim Kerja Bidang Olahraga Elvida Nuke Nilvana, Edy Ruhiyat dan Sukamto.

Wakil Ketua Kwarcab Kota Tangerang Ujang Hendra Gunawan menegaskan Pascom 2024 ini merupakan ajang untuk mengukur kemampuan yang dimiliki para pramuka penggalang dan penegak untuk meraih prestasi.

“Kompetisi seperti ini di Kota Tangerang serta di daerah lain masih kurang. Maka itu saya mengapresiasi kepada Saka Patriot Dispora serta Pembina Saka Patriot Kaka’ Kaoang yang menginisiasi kompetisi ini,” jelas Ujang Hendra Gunawan.

Ujang berharap kompetisi ini dapat terus dilaksanakan oleh Kwartir Cabang Kota Tangerang dan ranting-ranting serta gugus depan yang memiliki kemampuan untuk melaksanakan kegiatan.

“Mudah-mudahan adik-adik kita mampu terus mengasah diri yang bisa dibanggakan,” beber Ujang Hendra Gunawan yang juga Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang.

Pembina Saka Patriot Dispora Kota Tangerang, Kaonang mengatakan Pascom ini merupakan ajang pemanasan bagi Pramuka. Agustus 2024 dijadwalkan akan digelar Kota Tangerang International Scout Competition yang diikuti Pramuka dari dalam negeri serta mancanegara.

“Saka Patriot Dispora Kota Tangerang hari ini mempersembahkan Patriot Scout Competition yang perdana digelar di wilayah Provinsi Banten. Ini warming up, Insyaa Allah di tahun ini juga kami akan menyelenggarakan ajang internasional yang diikuti sejumlah negara yang digelar selama satu pekan di Kota Tangerang,” beber Kaonang yang juga Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tangerang.

Ditambahkan Kaonang, semoga Pascom yang hari ini digelar di Kota Tangerang perdana di Provinsi Banten bisa menginspirasi daerah-daerah lain serta seluruh jajaran Pramuka untuk memberikan kontribusi nyata untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Sementara itu, tambah Kaonang yang juga Wakil Ketua Bidang Sarpras Kwarcab Kota Tangerang, pada Sabtu malam (24/2/24) digelar malam Inagurasi 167 Baden Powell dan upacara penutupan Pascom yang dihadiri para tokoh Pramuka nasional dan internasional.

Sementara itu tokoh Pramuka nasional, Supriadi menjelaskan Pascom merupakan desain yang berbeda dari Saka Patriot Dispora Kota Tangerang. Pascom juga kemasan yang berbeda yakni bentuk menaikkan satu grade Pramuka dalam tataran berbeda yaitu melalui kompetisi layaknya perlombaan olahraga.***

Ateng San

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here