Beranda Kota Tangerang Puskesmas Sudimara Pinang Diresmikan Wali Kota Tangerang untuk Tambahan RIT

Puskesmas Sudimara Pinang Diresmikan Wali Kota Tangerang untuk Tambahan RIT

785
0

TangerangSatu.co.id, KOTA TANGERANG – Kota Tangerang kini telah menjadi zona kuning covid’19. Seluruh aparat Pemkot Tangerang terus berupaya keras untuk menekan laju kenaikan dan memutus rantai penyebaran covid’19 dengan melakukan penegakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Saat ini Kota Tangerang menyediakan ruang isolasi terbanyak seprovinsi Banten. Ruang isolasi di Kota Tangerang saat ini tersedia 442, terisi 284, masih kosong 158 dan akan masuk 13.

Demikian diungkapkan Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah saat meresmikan Puskesmas Sudimara Pinang di Kecamatan Pinang, Senin pagi 1 Februari 2021. Hadir mendampingi Wali Kota Tangerang dalam kesempatan itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Liza Puspadewi, Camat Pinang Kaonang dan Lurah Sudimara Pinang Ade Fahmi.

“Kapasitas tempat tidur covid’19 di Kota Tangerang terbanyak seprovinsi Banten. Arahan Menkes 30 persen tempat tidur. Sedangkan di Kota Tangerang mencapai 50 persen. Jumlahnya ada 1465 dari total 2800 tempat tidur sekota Tangerang. Dari jumlah 1465 tempat tidur, tingkat hunian mencapai 80 persen,” papar Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah.

Dijelaskan Arief lebih lanjut, separoh jumlah tempat tidur yang terisi itu dihuni masyarakat luar Kota Tangerang, di antaranya dari Tangsel dan Serang. Puskesmas Sudimara Pinang ini akan dimanfaatkan untuk rumah isolasi terkonsentrasi (RIT) bagi masyarakat sebagai tambahan fasilitas kesehatan yang telah disediakan Pemkot Tangerang.

“Karena memang ada pengurangan juga yaitu Hotel Siti telah menyelesaikan kontraknya. Sekarang kita ganti dengan Puskesmas Sudimara Pinang,” beber Arief Wismansyah.

Ditambahkan Arief, Pemkot Tangerang terus berupaya dan mengoptimalkan untuk menurunkan laju peningkatan dan memutus rantai penyebaran covid’19. Masyarakat Kota Tangerang diminta untuk terus tetap semangat yang menjadi bagian dari solusi agar wilayah ini menjadi zona hijau. Sehingga kita semua bisa beraktivitaa seperti sedia kala.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Liza Puspadewi menambahkan Puskesmas Sudimara Pinang saat ini memiliki kapasitas tempat tidur sebanyak 50 buah. Kapasitas tersebut bisa ditingkatkan menjadi 60 tempat tidur.

Sementara itu Camat Pinang Kaonang menyambut gembira dengan diresmikannya Puskesmas Sudimara Pinang. Jika ada saudara kita yang tidak efektif menjalani isolasi mandiri di rumah, kini ada tempat bisa dibawa ke Puskesmas Sudimara Pinang.

“Semoga maslahat dan terus menjaga protokol kesehatan dengan menerapkan 4M yakni memakai masker, mencuci tangan di air mengalir pakai sabun, menjaga jarak fisik dan menghindari kerumunan,” ungkap Camat Pinang Kaonang didampingi Lurah Sudimara Pinang, Ade Fahmi.***

• Ateng San

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here