Beranda Kota Tangerang Remaja RW 06 PGP Kecamatan Pinang Peduli Lingkungan Kelola Bank Sampah

Remaja RW 06 PGP Kecamatan Pinang Peduli Lingkungan Kelola Bank Sampah

621
0

TangerangSatu.co.id, KOTA TANGERANG – Para remaja di lingkungan RW 06 Pinang Griya Permai (PGP) Kelurahan Pinang Kecamatan Pinang Kota Tangerang menggiatkan program kampung iklim (proklim).

Program kegiatan itu mereka wujudkan dalam bentuk Bank Sampah Kampung Iklim Cempaka Asri RW 05 Kelurahan Pinang.

Setiap sebulan sekali, sampah yang memiliki nilai ekonomi — kardus dan gelas/botol plastik — dikumpulkan oleh para remaja RW 06 dari warga setempat.

Ketua RW 06 PGP Kelurahan Pinang, Ida Meuthia menjelaskan pihaknya mengumpulkan 16 remaja usia SMP sampai perguruan tinggi dari lingkungan tersebut untuk menjadi penggiat Bank Sampah Kampung Iklim Cempaka Asri.

Dijelaskan oleh Ketua RW 06 Kelurahan Pinang, remaja penggiat Bank Sampah Kampung Iklim Cempaka Asri ini para penerima program beasiswa dari Astra.

“Di lingkungan RW 06 Kelurahan Pinang ini ada 13 RT. Tiap RT ada anak remaja penggiat bank sampah. Mereka yang menarik sampah dari warga tiap bulan. Ini adalah bulan kedua,” jelas Ketua RW 06 Ida Meuthia didampingi Sekretaris RW 06 Prabudi Nawarindra, Minggu 30 Mei 2021.

Dikatakan Ida Meuthia, kegiatan ini mendapat dukungan positif dari warga RW 06. Sampah botol/gelas plastik dan kardus mereka kumpulkan yang nantinya tiap bulan ditarik oleh para remaja.

Setelah terkumpul, sampah plastik dibersihkan dan dipilah oleh para remaja untuk selanjutnya bersama kardus ditimbang guna dijual ke pengepul.

“Hasil penjualan sampah itu sebagian digunakan untuk kegiatan keguyuban warga. Sebagiannya lagi untuk kas Bank Sampah Kampung Iklim Cempaka Asri yang dikelola para remaka,” ungka Ida Meuthia.

Dikatakannya, kegiatan bank sampah ini bertalian dengan kelompok wanita tani (KWT) Cempaka Asri. Saling bersinergi dan berkolaborasi untuk menunjang proklim.

Lurah Pinang, Hidayat mengapresiasi kegiatan remaja RW 06 yang mengelola bank sampah. Menurutnya, bank sampah yang dikelola remaja itu merupakan bagian sarana edukasi untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Program Kampung Iklim Cempaka Asri selain kegiatan KWT, koperasi juga ada bank sampah yang melibatkan remaja RW 06.

Kampung iklim ini tak melulu dikerjakan para orang dewasa, namun juga melibatkan remaja setempat.

“Ini sangat positif, remaja diajak berperan langsung dalam pembenahan lingkungan bersama orang dewasa,” ujar Lurah Pinang, Hidayat.

Sementara itu Sekretaris RW 06 PGP Kecamatan Pinang, Prabudi Nawarindra menambahkan bank sampah remaja ini mendapat pendampingan dari konsultan Astra yaitu Yayasan Peduli Semut Merah. Sampah yang dikumpulkan remaja ini dicatat dengan baik.

“Selain menambah wawasan kesadaran lingkungan, mereka juga jadi duta sampah dari warga agar bisa memilah sampah. Sehingga ke depannya sampah itu tidak seluruhnya dibuang ke tempat pembuangan akhir,” beber Prabudi Nawarindra yang akrab disapa Indra.***

Ateng San

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here