75 Tahun Kabupaten Tangerang Menuju Gemilang

Oleh: Budi Usman

Kita apresiasi kinerja Pemerintah Kabupaten Tangerang di bawah kepemimpinan Ahmed Zaki Iskandar dan Wakilnya Mad Romli serta Sekda Rudy Maesal. Sejumlah prestasi telah ditorehkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Tangerang beserta jajarannya.

Kabupaten Tangerang merupakan daerah yang menjadi kebanggaan dan harapan bagi banyak orang. Termasuk jadi andalan dan barometer  bagi pembangunan Provinsi Banten yang memang masih ketinggalan di antara provinsi lain. Tanpa dukungan dari Kabupaten Tangerang saya kira Banten tidak akan bergerak maju, tidak menjadi apa-apa.

Asa terhadap Pemkab Tangerang yang dikenal sebagai Kota Seribu Industri dan Seribu Kerajinan dapat melaksanakan tiga program prioritas yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat seperti kesehatan, pendidikan dan infrastruktur.

Kita berharap Kabupaten Tangerang dapat dijadikan contoh untuk kabupaten/ kota Provinsi Banten dan semoga paradigma pembangunan yang ditempuh terus mengalami peningkatan, kerjasama lintas sektor semakin kompak, peningkatan pelayanan masyarakat semakin baik.

Pada kesempatan ini saya ucapkan selamat dirgahayu kepada Kabupaten Tangerang ke – 75 semoga semakin dewasa, semakin gemilang dan dapat memberikan manfaat bagi warganya.

Persoalan pengganguran di Kabupaten Tangerang menjadi salah satu isu yang selalu diperhatikan. Menurut saya, saat ini Banten menghadapi tantangan besar dengan tingginya angka pengangguran. Bahkan, prosentase pengangguran tersebut berada di atas rata-rata nasional. Termasuk mempertahankan perlindungan pertanian berkelanjutan serta proteksi terhadap nelayan dan petani khususnya wilayah utara akibat ledakan alih fungsi lahan yang tidak terkendali.

Belum lagi kebijakan berani Bupati Tangerang terhadap regulasi pembatasan jam operasional armada truk tonase berat melalui Pergub 46 adalah implikasi keberpihakan Pemkab terhadap perlindungan akses warga yang terganggu mobilitas aktivitas sosial yang diantisipasi bijaksana Bupati Zaki Iskandar walau harus menghadapi komplain keras pengusaha transporter namun Bupati tetap keukeuh untuk proteksi hak warga yang terkena dampak polusi, kesehatan serta implikasi negatif lainnya.

Juga peningkatan kualitas pendidikan yang harus diperhatikan, menciptakan generasi yang memiliki daya saing yang menguasai teknologi.

Apresiasi juga terhadap Pemerintah Kabupaten Tangerang memberi dukungan penuh terhadap rencana strategis nasional yang berada di wilayah Kabupaten Tangerang. Di antaranya adalah pengembangan Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan pembangunan beberapa ruas jalan tol.

Rencana strategis nasional yang saat ini sedang berjalan adalah jalan Tol Pantai Utara Tangerang dan jalan Tol Serpong – Balaraja. Pembangunan di Kabupaten Tangerang dapat terus berkelanjutan.

Program pembangunan tersebut memiliki dampak luas bagi masyarakat Kabupaten Tangerang. Perluasan Bandara misalnya, pemerintah daerah turut andil dalam membantu menyediakan lahan bagi domisili baru warga. Kita tidak mungkin menolak warga untuk domisili baru (setelah ada perluasan Bandara), mereka mencari lahan dekat dengan asal tempat tinggal lama.

Selain itu, pemerintah daerah juga perlu penyediaan pelayanan dan kebutuhan kawasan industri, niaga, hotel, jasa kargo, infrastruktur lainnya dalam menopang pertumbuhan ekononi dan penduduk agar terciptanya lapangan pekerjaan baru. Sehingga pemerintah daerah turut andil dalam penyediaan ruang.

Dengan terciptanya lapangan kerja terbuka, industri tumbuh berkembang maka dibutuhkan pula infrastruktur jalan untuk mengatasi kemacetan terutama di wilayah Kabupaten Tangerang.

Harapan idealis dalam perspektif HUT Kabupaten Tangerang kinerja bupati serta wakil dan Sekda bersama jajarannya dapat lebih baik lagi memberi pelayanan yang prima terhadap masyarakat demi terwujudnya kesejahteraan bersama yang adil dan merata di semua sektor kehidupan.

Penulis adalah Direktur Eksekutif Komunike Tangerang Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may have missed