Kampung Alka Tempat Bermain, Olahraga dan Belajar Menggambar 

TangerangSatu.co.id KOTA TANGERANG  – Rimbun dahan pepohonan  yang ada di sekelilingnya menjadikan lingkungan di sekitar tersebut terasa teduh tak gersang. Di lingkungan itu tumbuh pepohonan keras di antaranya pohon mangga, alpukat, tanjung, durian. Ada pula pohon elo besar nan rimbun serta pohon beringin.

Kampung Alka, berada di tengah pemukiman padat Jl Belimbing, Kelurahan Cibodasari, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang. Di Kampung Alka itu, anak- anak bermain gala asin, sepeda, petak umpet kadang mereka berlatih karate dan menggambar.

Di Kampung Alka, terdapat pula joging track yang tiap pagi banyak dilintasi masyarakat setempat berolahraga ringan. Bagi warga sekitar Jl Belimbing – Jl Jamblang, Kampung Alka menjadi tempat berteduh di kala siang panas terik.

Lokasinya yang strategis berada di lingkar jalan, menjadikan Kampung Alka banyak disinggahi orang. Bukan kebetulan, Kampung Alka berada di depan masjid Al-Kautsar. Nama Alka diambil dari Al-Kautsar.

Khaerudin, warga Jl Belimbing yang juga ditugaskan sebagai pengurus Masjid Al-Kautsar tiap hari ia menyirami tanaman yang berada di depan masjid. Pohon kembang teleng yang merambat di pagar Kampung Alka dan tumbuhan yang di sekitarnya ia rawat baik-baik.

“Banyak orang yang minta kembang teleng ke sini. Katanya bagus buat bayi. Makanya tumbuhan yang ada di sini dirawat supaya bermanfaat bagi warga,” ungkap Khaerudin.

Khaerudin, yang biasa dipanggil “Kakek” berkeinginan menjadikan Kampung Alka lebih banyak ditumbuhi tanaman lagi. Untuk mewujudkan itu, ia bersama kawannya — Om Joe — perlahan-lahan dan sedikit demi sedikit mengumpulkan tanaman yang tidak digunakan warga untuk diletakkan di sudut-sudut Kampung Alka.

“Tempat ini menjadi arena bermain anak-anak yang nyaman. Mereka bisa bercengkerama bersama teman-teman siang dan malam. Di sini pula masyakat sekitar sering mengadakan kegiatan yang diikuti banyak orang. Misalnya peringatan hari besar Islam selalu digelar di sini. Terima kasih banget kepada Pemkot Tangerang yang tiap hari mengirim petugas kebersihan untuk membersihkan Kampung Alka,” jelas Kakek Khaerudin.

Terinspirasi kampung tematik yang ada di wilayah lain, Kakek Khaerudin ingin mewujudkan Kampung Alka menjadi salah satu tempat bermain anak-anak yang juga disukai segala usia.***

Ateng Sanusih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may have missed