Tips Milenial tanpa Hoax

Oleh: Heni Cahyanti

Kaum milenial sangat identik dengan dunia modern. Semua serta teknologi. Kehidupan semakin mudah dibantu oleh alat-alat yang canggih. Mereka adalah hasil karya manusia. Hinar binar dunia yang semakin maju tak luput akan gesekan. Gesekan timbul dari kemajuan teknologi, contohnya Hoax. Hoax adalah hasil dimana tujuannya yang menyebarkan isu yang bohong. Isu yang menimbulkan dampak kurang baik bagi bangsa. Kita ketahui bahwa Indonesia adalah negara dengan keanekaragaman suku dan bangsa. Keanekaragaman tersebut seharusnya tidak memecah belah warganya, karena sesuai sila ke tiga, yakni persatuan Indonesia. Terlebih kaum milenial adalah penerus bangsa.

Keanekaragaman dan perbedaan seharusnya menjadikan Indonesia sebagai negara yang semakin maju dan kaya. Selain it, menjadikan Indonesia sebagai tempat favorit untuk berlabuh dan menghabiskan masa liburan bagi warga negara lain dengan keaslian serta keasriaannya.

Hoax sendiri memiliki dampak yang luar biasa. Selain pencemaran nama baik. Hoax juga akan mempengaruhi spikologi mereka yang terkena dampaknya. Dampak lain adalah adanya hubungan hkurang baik antar warga.

Untuk itu mari cerdas menanggapi berita hoax. Berikut ini tips menanggapi penyebaran hoax :

1. Jika anda mendapatkan berita, artikel, gambar atau apapun harus dilihat dan cermati pengirimnya atau lebel yang menyertai.

2. Hati- hati dengan judul. Biasanya judul akan bersifat provokasi.

3. Jangan langsung share, bagikan atau copy paste ke orang lain, baik itu melalui sosial media atau sekedar lisan.

4. Perhatikan fakta.

Cari informasi melalui web, akun sosial media resmi milik nama yang terlibat dalam hoax tersebut. Benar atau salah akan ada konfirmasi dari pemilik nama melalui akun-aku mereka, untuk tindakan pertama mengurangi dampak hoax.

5. Jangan memberikan like atau comment dalam isu atau berita hoax tersebut. Lebih baik diabaikan dan diamkan sampai adanya fakta dan bukti yang muncul.

6. Ikuti berbagai kegiatan, baik seminar, diskusi, atau forum yang anti hoax. Tujuannya agar semakin baik dalam menilai berita atau isu yang muncul agar tidak terjerumus.

Terima kasih sudah menyimak informasi yang saya bagikan. Ini tidak lain adalah bagian dari pengalaman saya terkait hoax dan beberapa diskusi yang pernah saya ikuti. Semoga bermanfaat.

Salam pena.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may have missed