Kadis LH dan Lurah Gerendeng Panen Perdana Pakcoy di Grenpik Ciamik

TangerangSatu.co.id KOTA TANGERANG – Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Engkos Zarkasyi A didampingi Lurah Gerendeng Nasron A Mufti, Kasi Ekbang Kelurahan Gerendeng Febby Merliana bersama para kader PKK dan KWT melakukan panen perdana sayuran pakcoy di Kampung Grenpik Ciamik (Gerendeng Pinggir Kali Cantik Indah Asri Manis Inovitaif dan Kreatif) RT 03 RW 04 Kelurahan Gerendeng, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Kamis pagi 13 Juni 2019. Sayuran pakcoy itu ditanam oleh warga dan Kelompok Wanita Tani (KWT) lingkungan RT 03/04 Kelurahan Gerendeng.

Lurah Gerendeng, Nasron A Mufti menjelaskan pembibitan sayuran dan penghijauan di lingkungan RT 03/04 ini baru berjalan selama dua bulan. Lurah Nasron menghimbau warga di lingkungan RT 03/04 tersebut untuk menularkan kegiatan penghijauan tanaman sayuran dan tanaman obat keluarga ke masyarakat lingkungan lain.

Diungkapkannya, dulu dirinya pernah mendengar ada kesan Gerendeng Pinggir Kali (Grenpik) ini tampak kumuh. Untuk menepis kesan kurang sedap tersebut, pihaknya bersama unsur RW, RT dan warga berusaha melakukan penataan lingkungan. Alhasil kini di Grenpik tampak lebih tertata rapi dan Ciamik.

“Sesungguhnya bila masuk ke dalam lingkungan Grenpik Ciamik ini tampak bersih dan asri. Bukti itu terlihat di RT 03/04 Gerendeng. Kita harus buat lingkungan ini memiliki magnet pariwisata. Di Cisadane sudah ada Jembatan Berendeng, Taman Dayung dan pusat jajanan Gerendeng Pinggir Kali yang sudah tertata tampak lebih nyaman,” jelas Lurah Gerendeng, Nasron A Mufti.

Ia menambahkan, visi misi Walikota Tangerang di jabatan periode kedua ini lebih banyak kegiatan penataan ke kampung-kampung. Sebagai bagian dari Pemerintah Kota Tangerang, sambung Nasron A Mufti, pihaknya selalu memfasilitasi kegiatan masyarakat yang berkaitan dengan penataan lingkungan kampung tematik.

Kegiatan kampung tematik ini, kata Nasron mendapat pembinaan dari masing-masing organisasi perangkat dinas (OPD) sesuai tema. Ditegaskannya pula, pihak Kelurahan Gerendeng terus melakukan penataan kawasan pinggir kali Cisadane agar menjadi lebih nyaman bagi wisatawan yang berkunjung ke lingkungan tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis LH) Kota Tangerang, Engkos Zarkasyi mengaku bahagia melihat pohon-pohon sayuran tumbuh subur di lingkungan padat pemukiman ini. Dikatakannya, di rumah ia juga membuat hal yang sama. Lingkungan hijau nan asri adalah keinginan bersama. Namun untuk mewujudkan hal itu harus istiqomah, dilakukan dengan ajeg, tidak boleh separuh jalan.

“Kalo ada tetangga kita males, ayo diajak. Kita harus saling menyemangati untuk terus menjaga lingkungan yang bersih dan sehat. Insya Allah dengan rasa guyub yang lebih erat terjalin keharmonisan lingkungan,” ujar Engkos Zarkasyi.

Sementara itu Ketua RT 03/04 Kelurahan Gerendeng, Aries Munandar mengungkapkan awal pihaknya melakukan gebrakan penataan lingkungan Grenpik. Desember 2018 Aries terpilih menjadi Ketua RT 03/04. Januari 2019, terang Aries Munandar, dirinya terima surat keputusan (SK) menjadi Ketua RT. Setelah itu ia langsung putar otak agar lingkungan di bawah bimbingannya menjadi asri. Maka satu bulan setelah terima SK Ketua RT, ia mulai melakukan pembenahan lingkungan warganya.

Untuk mewujudkan keinginannya itu, ia meminta bantuan bimbingan dari pegawai Dinas LH Kota Tangerang, Hamidi yang juga merupakan teman satu kantor dengannya. Ia banyak mendapat arahan dan bimbingan dari Hamidi dalam menata lingkungan RT 03/04 Grenpik Ciamik ini. Pihaknya mengajak warga untuk bersama-sama bekerja membenahi lingkungan tersebut dan memanfaatkan barang bekas agar biayanya tidak mahal.

“Alhamdulillah, hari ini warga RT 03/04 bisa panen perdana sayuran pakcoy hasil tanaman mereka di lingkungkungan sini. Ini adalah langkah konkret kami dalam mewujudkan Grenpik Ciamik. Target kami tiga tahun lingkungan ini nol sampah. Di sini menjadi tempat edukasi pengolahan sampah lingkungan. Di lingkungan RT 03/04 akan dibuatkan empat kolam ikan lele yang rencananya terbuat dari terpal. Kami ingin warga di sini menciptakan peluang usaha. Grenpik Ciamik menjadi destinasi wisata yang bisa menambah ekonomi warga,” papar Ketua RT 03/04 Kelurahana Gerendeng, Aries Munandar.***

Ateng San | Yahya Suhada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may have missed