Mahasiswa Stisip Yuppentek Studi Lapangan di Kampung Tidar

TangerangSatu.co.id KOTA TANGERANG — Selama satu hari penuh, enam Mahasiswa Fakuktas Ilmu Pemerintahan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Ilmu Politik (Stisip) Yuppentek melakukan studi lapangan ke Kampung Tidar di Kelurahan Sudimara Timur, Kecamatan Ciledug, Kamis 27 Juni 2019. Mereka tertarik terhadap Kampung Tidar karena dianggapnya mampu mengubah lingkungan yang awalnya banyak sampah menjadi bersih rapi dan asri.

Ketua kelompok mahasiwa tersebut, Ayu Timur, menjelaskan pihaknya memilih Kampung Tidar sebagai obyek studi lapangan karena historis kampung ini yang dianggapnya patut menjadi percontohan bagi lingkungan lain. Dikatakannya, yang buat kelompok mahasiswa ini tergerak, yakni dari kampung banyak sampah sampai membentuk kampung indah.

“Setelah kami gali lebih dalam, Kampung Tidar yang bertempat di RW 04 ini memiliki 4 RT masing-masing punya keunikan. Salah satunya wisata dengan kuda, juga piring cantik kerajinan khas kampung tersebut,” papar Ayu Timur.

Diungkapkannya, ia bersama teman kelompoknya sangat apresiatif terhadap sang pelopor Kampung Tidar, Nasim. Pria yang sudah pensiun ini mampu memelopori warga lingkungan RW 04 untuk bergerak bersama-sama mengubah menjadi kampung yang menarik dikunjungi.

“Awalnya gerakan pak Nasim ini dipandang sebelah mata olrh banyak orang. Namun ia tetap fokus untuk membangun dan pada akhirnya uoaya gigihnya membuahkan hasil. Kini banyak support dari warga sekitar dan pemerintah setempat,” tutur Ayu.

Nasim sebagai pelopor Kampung Tidar dan warga setempat yang ikut serta membangun lingkungan tersebut menerima kelompok studi lapangan mahasiswa Fakultas Ilmu Pemerintahan Stisip Yuppentek dengan hangat. Dari keterangan Nasim dan warga, para mahasisqa tersebut banyak memperoleh informasi mengenai Kampung Tidar.

“Kami berterima kasih kepada Sekretaris Kelurahan Sudimara Timur bapak Agus Lesmana yang telah membimbing kelompok kami dalam studi lapangan di Kampung Tidar. Hal yang sama kami haturkan kepada pak Nasim beserta seluruh warga Kampung Tidar,” ujar Ayu Timur.

Sementara itu, Sekretaris Kelurahan Sudimara Timur, Agus Lesmana menjelaskan para mahasiswa itu banyak bertanya mengenai Kampung Tidar. Mereka melakukan studi lapangan untuk bahan tugas kuliah.

“Mereka menggali informasi mengenai lingkungan, sosial dan masyarakat di RW 04 Kelurahan Sudimara Timur. Mereka kami ajak untuk melihat langsung ke tengah lingkungan serta berinteraksi dengan warga. Kampung Tidar juga sebagai tempat studi bagi para mahasiswa,” papar Agus Lesmana.***

Ateng San | Yahya Suhada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may have missed