Halal Bihalal ala Betawi di Kampung Tidar


TangerangSatu.co.id KOTA TANGERANG — Di saung bawah rerimbunan pohon rambutan, duren dan jambu nan asri, warga Sudimara Timur, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang menggelar halal bihalal di Kampung Tidar, Minggu 30 Juni 2019.

Halal bihalal itu dihadiri Lurah Sudimara Timur Ma’rifullah, Sekretaris Kelurahan Sudimara Timur Agus Lesmana, Komandan Koramil 04/Ciledug Kapten Inf Tarzan, para tokoh agama dan pemuka masyarakat setempat.

Nuansa Betawi tempo doeloe masih terasa kental dalam halal bihalal tersebut. Hidangan makan dengan menu khas Betawi, pecak ikan membuat perhelatan tersebut tak makin terasa ketnikannya.

Usai bersalam-salaman hadirin dipersilahkan menikmati hidangan sederhana namun punya rasa khas nan istimewa.

Ketua Panitia Halal Bihalal, Thohirudin menjelaskan jalinan silaturahmi antar warga yang digelar di Kampung Tidar ini untuk memperkokoh rasa kebersamaan dalam membangun wilayah di lingkungan RT dan RW sekelurahan Sudimara Timur.

Ia menandaskan pembangunan wilayah Sudimara Timur ini perlu dukungan seluruh lapisan masyarakat.

“Kami minta semua RT dan RW di Kelurahan Sudimara Timur untuk memgajak warga menciptakan lingkungan masing-masing menjadi bersih, tertata rapi dan asri. Kami tematik yang digulirkan pemerintah kepada masyarakat sangat bagus. Agar kita terbiasa hidup bersih, rapi dan sehat,” papar Thohirudin yang juga Ketua Forum RW Kelurahan Sudimara Timur.

Lurah Sudimara Timur, Ma’Rifullah menegaskan sebagai wujud syukur kepada Allah maka ia mengajak semua masyarakat untuk menjaga kebersihan dan merawat lingkungan. Ma’rifullah menghimbau kepada semua pihak untuk bersama menjaga lingkungan.

“Bila lingkungan kotor maka akan menjadi berkembang biak segala penyakit. Di antaranya demam berdarah dan cikungunya. Maka menjaga kebersihan itu hendaknya menjadi kebiasaan kita sehari-hari,” ungkap Lurah Sudimara Timur.

Sementara itu Sekretaris Kelurahan Sudimara Timur, Agus Lesmana mengungkapķan halal bihalal ini digelar untuk terus mempererat tali silaturahmi.

Menurut Agus Lesmana silaturahmi itu bisa memperpanjang umur dan memudahkan rejeki.

“Intinya adalah ajang untuk saling silaturahmi antar warga Sudimara Timur juga dengan pihak pemerintah kelurahan dan unsur TNI/Polri yang menaungi wilayah ini. Tradisi Betawi kan Lebaran itu satu bulan, yakni bulan Syawal. Nah… Ini kan masih di bulan Syawal,” ujar Agus Lesmana.***

Ateng San | Yahya Suhada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may have missed