Masyarakat Kota Tangerang Demo Dukung Walikota

TangerangSatu.co.id KOTA TANGERANG Sekitar seribu orang masyarakat Kota Tangerang melakukan demonstrasi terhadap Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) agar segera menyerahkan lahan faslilitas sosial dan fasilitas umum kepada Pemerintah Kota (Pemkot)Tangerang, Kamis 18 Juli 2019.

Aksi demo itu dilakukan di halaman gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang dan di depan gerbang Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Jl Satria Sudirman.

Massa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Kota Tangerang melalui masing-masing wakilnya melakukan orasi di atas mobil komando.

Polemik antara Walikota Tangerang Arief R Wismansyah dengan Menkumham Yasonna Laoly yang makin memanas dan menjadi isu nasional membuat masyarakat Kota Tangerang merasa tersayat hatinya.

“Kami sangat percaya kinerja walikota kami. Beliau terpilih kembali untuk periodenya yang kedua. Segala langkah dan kebijakan yang beliau ambil adalah berdasarkan kajian hukum, sosial dan semata-mata atas kepentingan masyarakat Kota Tangerang,” jelas Koordinator Aliansi Masyarakat Kota Tangerang, Yudhistira Prasasta.

Dikatakannya, pihaknya melakukan aksi moral atas nama “Aliansi Masyarakat Kota Tangerang” dengan sikap yaitu pertama mendukung dan membela Walikota Tangerang dalam setiap kebijakan yang diambil semata-mata untuk kepentingan masyarakat Kota Tangerang seperti membangun sekolah, gedung MUI, pusat pemerintahan, mesjid al-Azhom yang semua dipergunakan untuk kepentingan masyarakat yang kemudian dipermasalahkan oleh Kemenkumham.

Kedua menuntut Kemenkumham melihat dengan jernih dan menyadari persoalan kedaerahan yang ada di Kota Tangerang dengan kacamata lokal. Bukan ditarik ke ranah wilayah nasional karena mereka tidak melihat aspek local widom yang ada.

Ketiga menyesalkan asas kepatutan Kemenkumham sebagai lembaga negara yang memiliki permasalahan dengan pemerintah daerah mengapa harus di bawa ke wilayah hukum sehingga menjadi berlarut-larut dan merugikan banyak pihak.

Keeminta kepada Presiden RI Joko Widodo untuk dapat menengahi persoalan ini. Segera temukan solusi dan titik temu yang dapat menyelesaikan permasalahan ini.

Ketua Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kota Tangerang, Khamaludin Reynaldi menegaskan yang tengah diupayakan Pemerintah Kota Tangerang yakni fasilitas sosial (Fasos) dan fasilitas umum (Fasum) dari lahan Kemenkumham. Ini diupayakan untuk kepentingan masyarajat Kota Tangerang, bukan untuk kepentingan pribadi Walikota atau pun golongan.

Dikatakannya, GMNI Kota Tangerang sangat mendukung terhadap Pemerintah Kota Tangerang untuk mendapatkan lahan fasos fasum dari Kemenkumham. Dukungan konkret mengenai hal itu yakni tahun lalu GMNI pernah menghadap Walikota Tangerang Arief R Wismansyah dan Wakil Walikota Tangerang Sachrudin untuk mendorong agar melakukan dialog dengan Kemenkumham mengenai lahan fasos fasum ini.

Walikota Tangerang yang menemui para demonstran meminta seluruh masyarakat Kota Tangerang agar senantiasa menjaga akhlaqul karimah. Ia menegaskan agar masyarakat tidak melakukan hujatan kepada pihak manapun.

Arief meohon doa restu kepada semua masyarakat Kota Tangerang agar masalah lahan ini diberikan jalan keluar oleh Allah.***

Ateng San | Yahya Suhada


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may have missed