Menjadi Bijak Dengan Mengoreksi Berita Hoax


Oleh : Diyah Rahma Febrina

Hoaks (dalam bahasa Inggris : Hoax) adalah berita palsu atau tidak benar yang dibuat seolah-olah benar. Berita hoax biasanya akan tersebar melalui dunia maya, seperti internet, situs web, media sosial, dan sebagainya. Hoax bertujuan untuk membuat keresahan dan kepanikan di kalangan masyarakat dan lingkungan sekitar. Hoax sangat mudah tersebar, baik melalui dunia maya maupun dari mulut ke mulut. Berita dan informasi palsu seperti ini dapat menimbulkan dampak yang tidak baik dalam masyarakat dan lingkungan sekitar.
Dunia maya yang dulu dianggap memiliki “dunaianya” sendiri kini telah berubah drastis, kehidupan nyata masyarakat di era milenial ini bahkan sangat terpengaruh oleh semua yang ada di dunia maya. Oleh karena itu, semua informasi dan berita yang tersebar dalam dunia maya sangat erat kaitannya dan sangat terasa dampaknya dalam kehidupan nyata. Seiring mudah tersebarnya berita hoax, bisa jadi membentuk sebuah pola pikir dalam masyarakat bahwa berita atau informasi yang tersebar melalui dunia maya, internet maupun media sosial sudah pasti adalah hoax. Memang dalam zaman modern ini kita sangat perlu untuk melawan hoax, namun tidak asal melawan, kita juga harus memiliki pemikiran yang terbuka bahwa tidak semua berita dan informasi adalah palsu atau tidak benar.
Menilik dari tujuan hoax yang banyak merugikan dan besar pengaruhnya terhadap dunia nyata, maka langkah yang dapat kita tempuh untuk melawan hoax antara lain, pertama, saring semua berita dan informasi yang kita dapat. Di era tekhnologi seperti saat ini masyarakat dituntut untuk menjadi kritis dan cerdas, serta tanggap dalam segala hal. Informasi dan berita yang kita dapat, tidak bisa begitu saja kita terima mentah-mentah tanpa memastikan dahulu kebenaran dan sumbernya. Menyaring berita dan informasi bisa kita lakukan dengan mencari sumber berita tersebut, dari instansi atau website yang resmi ataukah bukan, kemudian cari literatur yang berhubungan dengan berita tersebut, cocokkan kebenarannya. Terakhir kita juga dapat memastikannya dengan bertanya kepada ahlinya.
Kedua, pilih dan pilah berita atau informasi, maksudnya setelah kita menyaring berita dan informasi yang kita dapat tersebut kita perlu memiliih berita dan informasi mana saja yang perlu kita sebar luaskan kepada teman, kerabat, saudara, dan sebagainya. Berita dan informasi yang benar serta mengandung konten positif boleh kita sebar luaskan, sedangkan berita yang mengandung konten dan dampak negatif sebaiknya biarkan berhenti sampai pada kita sendiri. Karena dengan semakin kita menyebarluaskan berita yang kurang benar dan palsu, maka semakin tujuan hoax akan tercapai, yaitu meresahkan dan menimbulkan kekhawatiran massa, hal ini tentu saja dapat menimbulkan kekacauan bahkan perpecahan.
Ketiga, setelah kita menyaring dan memilih, yang terpenting adalah mengoreksi isi berita dan informasi tersebut. Dibalik berita dan informasi palsu, biasanya tersirat pesan yang dapat diambil hikmahnya. Misalnya saja berita hoax mengenai kandungan berbahaya dalam sebuah makanan atau minuman, di dalam informasi tersebut tersirat pesan bahwa kita harus selalu berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan dan minuman demi kesehatan diri kita sendiri. Tidak hanya itu, beberapa berita dan informasi sebenarnya memiliki isi yang baik dan benar, namun karena telah tersebar luas bisa jadi diubah ataupun ditambah dan dikurangi sehingga menjadi berita yang kurang benar. Oleh karena itu, berita dan informasi hoax bisa kita koreksi dengan cara membenarkan atau memberikan informasi yang benar dan tepat, sehingga berita dan informasi palsu dan kurang tepat bisa kita ubah menjadi sesuatu yang informatif serta berguna bagi pembacanya.
Hoax atau berita palsu harus kita lawan dengan cerdas, menyaring serta memilih informasi sangatlah penting di era digital seperti sekarang ini. Kita sebagai manusia tidak hanya dituntut untuk cerdas dalam mengolah dan memberikan informasi, namun juga harus bijak. Bijak untuk memilih berita mana yang layak disebarluaskan maupun tidak, karena satu berita dan informasi yang tersebar bisa jadi menimbulkan dampak yang besar dan panjang ke depannya. Dengan bersikap bijak dalam menerima dan menyebarkan informasi berarti kita juga ikut berkontribusi dalam menjaga keharmonisan lingkungan serta masyarakat. Melawan hoax berarti juga melawan kekacauan dan perpecahan dalam lingkungan masyarakat sehingga negeri ini akan selalu aman, damai, serta lebih maju. Kesejahteraan dan perdamaian dalam masyarakat adalah faktor penting terciptanya pembangunan nasional yang sukses, hal ini juga akan mempengaruhi sistem kepemimpinan yang baik.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may have missed