Semangat Kemerdekaan dan Persatuan Dalam Melawan Hoax

Oleh : Dian Tri Wibowo

Pada saat ini teknologi mempunyai peranan penting di kehidupan masyrakat Indonesia, mulai dari lingkup bisnis, mencari informasi, menjadi tempat belajar dan masih banyak lagi. Namun, disamping dampak positifnya tekonologi juga bisa memiiki dampak negatif yang sangat membahayakan salah satunya adalah hoax. Hoax adalah suatu pemberitaan palsu/pemberitahuan yang tidak jelas sumbernya dan isi yang tidak benar. Padahal teknologi sangat diperlukan oleh masyarakat, salah satunya adalah untuk mempermudah dalam mendapatkan berita, namun justru dapat disalah gunakan oleh oknum-oknum tertentu. Salah satunya upayanya adalah menyebarkan hoax, mereka hanya mencari keuntungan dari kegiatan tersebut dan tidak memikirkan apa akibat dari kegiatan tersebut. Oleh karena itu sangat dibutuhkan sekali semangat persatuan, kesatuan, dan semangat untuk memberantas hoax dari masyarakat Indonesia, khususnya pada generasi muda melalui literasi guna mensukseskan pembangunan Indonesia untuk lima tahun kedepan.
Generasi muda Indonesia mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembangunan di Indonesia karena masa depan bangsa Indonesia berada di tangan generasi muda, melalui literasi mereka tidak hanya mengetahui satu aspek saja, melainkan berbagai aspek. Aspek politik, ekonomi, cara mengantisipasi hoax, cara menyaring berita, dan lainnya yang memiliki tujuan utama untuk membangun Indonesia menuju kearah progresif.

Semangat Kemerdekaan dan Persatuan Dalam Melawan Hoax Demi Suksesnya Pembangunan Serta Kepemimpinan Nasional Lima Tahun Kedepan
Pada saat ini teknologi mempunyai peranan penting di dalam berbagai lini kehidupan masyrakat Indonesia, mulai dari lingkup bisnis, mencari informasi, menjadi tempat belajar dan masih banyak lagi. Namun disamping dampak positifnya, teknologi juga memiiki dampak negatif yang sangat membahayakan salah satunya adalah hoax. Hoax adalah suatu pemberitaan palsu / pemberitahuan yang tidak jelas sumbernya dan biasanya isinya tidak benar, Menteri Kominfo Rudiantara menjelaskan bahwa “Situs (hoax) itu hampir 800 ribu ya, data terakhir 700 ribu hampir 800 ribu,” ujar Rudiantara saat ditemui setelah mengikuti rapat terbatas di Kantor Presiden, Kamis (29/12) dan menurut riset yang dilakukan melalui DailySocial.id, sebuah blog teknologi asal Jakarta, yang bekerja sama dengan Jakpat Mobile Survey Platform. Riset ini menanyakan tentang distribusi konten hoax dalam platform digital terhadap 2.032 responden.
Riset ini mencatat masih banyak orang Indonesia yang tidak dapat mencerna informasi dengan sepenuhnya dan benar, tetapi memiliki keinginan kuat untuk segera membagikannya dengan orang lain. Sayangnya, beberapa informasi dapat membawa banyak interpretasi dan sudut pandang. Dari seluruh responden yang terlibat, riset ini mencatat sebanyak 44,19 persen responden mengaku tidak yakin mereka punya kepiawaian dalam mendeteksi berita hoax. Sementara responden lainnya, sebesar 51,03 persen, memilih untuk berdiam diri (dan tidak percaya) ketika menemui konten hoax. berdasarkan hal tersebut bisa dikatakan Indonesia sedang mengalami masalah hoax yang cukup serius, bagaimana tidak jika masih terdapat 44% orang yang belum bisa menyaring berita dari 2032 responden, oleh sebab itu sangat penting untuk masyarakat Indonesia agar mampu menyaring berita yang mereka dapatkan, salah satunya upayanya adalah melalui literasi digital.
Literasi digital adalah ketertarikan, sikap dan kemampuan individu yang secara menggunakan teknologi digital dan alat komunikasi untuk mengakses, mengelola, mengintegrasikan, menganalisis dan mengevaluasi informasi, membangun pengetahuan baru, membuat dan berkomunikasi dengan orang lain agar dapat berpartisipasi secara efektif dalam masyarakat, selain itu literasi digital juga memiliki manfaat yang dapat menambah pengetahuan yang berguna untuk mengasah cara berpikir kritis anak muda guna meratakan pembangunan di Indonesia dan menyiapkan sikap pemimpin untuk lima tahun kedepan. Selain dari literasi digital, masyarakat Indonesia juga harus mempunyai semangat kemerdekaan dan persatuan guna menuju Indonesia yang lebih maju.
A. Cara Menyaring Setiap Informasi Baru Guna Menghindari Hoax

  1. Cek narasumber
  2. Antisipasi judul berita yang provokatif
  3. Baca berita secara menyeluruh
  4. Cari dan bandingkan dengan sumber lainnya
  5. Jangan terburu – buru membagikan berita

B. Ikut Berpartisipasi Dalam Literasi Digital
Literasi digital adalah ketertarikan, sikap dan kemampuan individu yang secara menggunakan teknologi digital dan alat komunikasi untuk mengakses, mengelola, mengintegrasikan, menganalisis dan mengevaluasi informasi, membangun pengetahuan baru, membuat dan berkomunikasi dengan orang lain agar dapat berpartisipasi secara efektif dalam masyarakat. Literasi dapat dipahami sebagai kemampuan seseorang dalam membaca dan menulis. Keterampilan literasi yang baik akan membantu generasi muda dalam memahami informasi baik lisan maupun tertulis. Budaya literasi bermanfaat dalam mewujudkan peran generasi muda dalam aspek pembangunan negara karena generasi muda memiliki kepribadian unggul dan mampu memahami pengetahuan serta teknologi untuk bersaing secara lokal dan global.
Literasi tidak hanya sekadar kemampuan membaca dan menulis, tetapi literasi bisa berarti melek teknologi, politik, berpikir kritis, dan peka terhadapi lingkungan sekitar. Literasi sangat penting bagi seluruh lapisan masyarakat, karena melalui literasi masyarakat akan mampu mampu untuk menambah pengetahuan mereka dan mempersiapkan generasi yang unggul dalam segala bidang.

C. Cara Bijak Dalam Menggunakan Media Sosial Guna Menjaga Persatuan Bangsa Indonesia

  1. Tidak secara bebas memposting berita
    Tidak ada yang salah dari kegiatan memposting status ataupun foto tapi jangan pernah melakukan itu jika ada unsur-unsur hoax sebab itu hanya akan merugikan dirimu saja, jadi kepada seluruh pemilik akun postinglah yang sewajarnya saja, jangan menebar kebencian, sara dan hal negatif lainnya.
  2. Hati-hati memilih teman di media sosial
    Hal ini dikarenakan banyak juga kasus orang kena tipu oleh temannya sendiri dikarenakan mereka tidak hati-hati. jadi untuk kalian jangan terlalu mudah percaya kepada orang yang tidak dikenal sama sekali, namanya juga dunia maya yang pastinya banyak teman yang kita tidak tahu asli nya seperti apa.
  3. Tampilkan identitas diri yang asli tapi jangan yang bersifat pribadi………….
    Bertujuan supaya orang bisa mengenalmu yang sebenarnya tapi usahakan jangan pernah menampilkan kontak pribadimu seperti nomor hp misalnya karena itu bisa saja menjadi sasaran orang yang ingin berbuat jahat.
    Dengan adanya semangat persatuan, kesatuan, dan semangat untuk meningkatkan literasi di Indonesia maka secara tidak langsung akan memperbaiki kondisi Indonesia melalui berbagai sisi serta menyiapkan generasi muda untuk menjadi pemimpin pada lima tahun yang mendatang untuk Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may have missed