Semangat Kemerdekaan dan Persatuan Dalam Melawan Hoax Demi Suksesnya Pembangunan serta Kepemimpinan Nasional 5 Tahun ke Depan

Oleh: Nareswari Kusumawardhani

Di zaman era globalisasi saat ini teknologi menjadi peran yang sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat dalam berbagai bidang aspek seperti berbisnis, mencari informasi, pencarian ajang dan lain-lain. Banyak orang yang mengikuti perkembangan zaman salah satunya untuk mendapatkan berita terkini. Namun, semakin berkembangnya zaman tidak sedikit teknologi yang disalahgunakan sehingga menjadi kebiasaan untuk memperoleh keuntungan sendiri tanpa memperdulikan apa yang akan terjadi seperti penyebaran berita hoax untuk membuat sensasi dan yang lebih mengkhawatirkan yaitu banyak sekali orang yang mudah terpengaruh dengan berita-berita baru tanpa melihat sumber dan bukti yang jelas dan hal ini biasa terjadi pada berita hoax.
Diambil dari Wikipedia, HOAX adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya. Hal ini tidak sama dengan rumor, ilmu semu, ataupun April Mop. Kita sebenarnya seringkali menjumpai berita hoax biasanya menggunakan judul yang provokatif, konten juga mengubah kontrol emosi seseorang atau mengumbar perasaan seseorang, lebih sering menyudutkan salah-satu pihak, narasumber pun tidak jelas.
Oleh karena itu, banyaknya berita hoax dapat mengancam persatuan bangsa seperti terjadinya kesalahpahaman yang menyebabkan fitnah dan berdampak pada perpecahan antar masyarakat ataupun salah-menyalahkan yang berujung dengan perdebatan dalam media sosial untuk hal yang kurang penting. Dampak terburuk dari hoax adalah terbentuknya opini yang salah. Jika hal seperti ini tetap terjadi tanpa ada rasa kesadaran yang tumbuh dalam diri sendiri maka akan membahayakan masa depan Indonesia terutama generasi muda yang banyak terpengaruh dunia maya di dalam media sosial, karena banyaknya generasi muda yang terpengaruh media sosial akan menyebabkan generasi muda sekarang tidak peduli dengan lingkungan sekitar, rasa solidaritas dan kebersamaan tidak tumbuh dalam diri generasi muda.
Maka dari itu, kita harus mengembangkan rasa semangat dan persatuan agar membangun sikap yang baik dengan kesadaran dalam diri untuk melawan hoax dengan begitu masa depan kita akan selamat serta dengan bimbingan terhadap penggunaan media sosial yang baik agar media sosial tidak disalahgunakan tetapi lebih digunakan untuk hal-hal yang positif dan bermanfaat seperti belajar hingga perkembangan bakat. Agar berkembangnya rasa semangat dan persatuan dari dalam diri, kita harus banyak membaca (literasi) dari sumber-sumber yang jelas seperti majalah/koran dan yang terpenting baca dengan tuntas serta diidentifikasi kembali isi informasi dalam berita, maka tidak akan ada kesalahpahaman ataupun perdebatan karena berita yang kita dapat dari sumber dan bukti yang jelas dengan begitu tidak akan timbul fitnah. Hal ini perlu dikembangkan oleh masyarakat Indonesia terutama untuk generasi muda karena masa depan bangsa berada di tangan anak-anak muda generasi milenial sekarang.
Sebenarnya banyak hal yang dapat kita lakukan untuk melawan hoax kita masih punya harapan untuk membangun Indonesia maju tanpa hoax jadikan hal ini sebagai pembelajaran untuk lebih teliti dan selektif dalam membaca berita-berita terkini dan jangan biarkan masa depan kita hancur tanpa harapan karena pengaruh hoax. Marilah kita tumbuhkan kesadaran dalam diri kita sendiri sebarkan hal positif tumbuhkan rasa semangat seperti pahlawan ‘45 berjuanglah selagi bisa karena Indonesia adalah kita, bagian dari diri kita yang nyata. Lawanlah hoax demi pembangunan dan kepemimpinan nasional 5 tahun kedepan bersama untuk membangun Indonesia makmur, sejahtera tanpa hoax.

SAVE OUR FUTURE FROM THE INFLUENCE OF HOAX!!!

    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may have missed