Satpol PP Kota Malang Studi Banding ke Gakumda

TangerangSatu.co.id KOTA TANGERANG – Bidang Gakumda Satpol PP Kota Tangerang menerima kunjungan dari Satpol PP Kota Malang, Jawa Timur yang melakukan studi banding mengenai penegakan Perda, Kamis 26 September 2019. Rombongan Satpol PP Kota Malang itu berjumlah tiga orang dipimpin oleh Kabid PPUD, Bambang L didampingi Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Hari Mulyono dan Ruhyati Utami.

Rombongan tamu dari Satpol PP Kota Malang tersebut diterima Kepala Bidang Penegakan Produk Hukum Daerah Satuan Polisi Pamong Praja (Kabid Gakumda Satpol PP) Kota Tangerang, Kaonang bersama Kasi Penegakan Tatang Sumantri, Kasi Hubtarga Ahmad Payumi dan PPNS Saprudin.

Mereka sengaja datang ke Kota Tangerang ingin tahu lebih banyak mengenai penegakan Perda yang dilakukan Bidang Gakumda Satpol PP Kota Tangerang. Penegakan Perda itu di antaranya mengenai sidang tindak pidana ringan (tipiring), penyegelan pada bangunan yang melanggar Perda dan pelanggaran perda/perwal lainnya.

Satpol PP Kota Malang melakukan kunjungan untuk studi banding ke Kota Tangerang karena membaca berita kegiatan Satpol PP Kota Tangerang yang sering diberitakan di media online dan cètak. Satpol PP Kota Tangerang, menurut pandangan mereka paling banyak penindakan penegakan Perda.

“Saudara kita Satpol PP Kota Malang, Jawa Timur ingin lebih tahu mengenai penyegelan dan Sidang Tipiring dari Satpol PP Kota Tangerang. Cara membuat berita acara pemeriksaan terhadap pelanggar Perda juga pemanggilan untuk dihadirkan ke pengadilan guna disidang tipiringkan,” jelas Kabid Gakumda Satpol PP Kota Tangerang, Kaonang usai menerim tamu dari Satpol PP Kota Malang.

Dalam penjelasannya kepada Bidang Gakumda Satpol PP Kota Tangerang, pimpinan rombongan Pol PP Kota Malang, Bambang L mengungkapkan pihaknya selama ini melaksanakan sidang Tipiring sebulan satu kali. Sementara Satpol PP Kota Tangerang melaksanakan sidang Tipiring bisa sampai tiap pekan.

Ditambahkan Kaonang, adanya penegakan Perda yang dilakukan secara intensif serta pemberitaan melalui media massa berdampak positif bagi Kota Tangerang. Kini Satpol PP Kota Tangerang kerap menerima kunjungan tamu dari pemerintah daerah lain yang ingin melakukan studi banding.

“Tentunya dengan adanya tamu dari daerah lain ke Kota Tangerang otomatis meniñgkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Akhlaqul Karimah ini. Para tamu itu menginap di hotel-hotel yang ada di Kota Tangerang. Mereka juga makan di rumah makan di Kota Tangerang. Kemudian mereka belanja oleh-oleh di Kota Tangerang,” ungkap Kaonang.

Dijelaskannya pula kepada para tamu dari Satpol PP Kota Malang itu, bahwa dalam melakukan penindakan dan penegakan Perda, Perwal dan produk hukum daerah lainnya Satpol PP Kota Tangerang selalu mengedepankan sikap humanis, tegas, profesional serta berintegritas.

“Pengalaman kami yang sudah hampir tiga tahun di Satpol PP, di dalam institusi ini tidak hanya dibutuhkan semangat kerja yang tinggi dan memahami tupoksi namun juga dibutuhkan nyali besar dalam penegakan Perda,” ungkap Kabid Gakumda Satpol PP Kota Tangerang, Kaonang.***

Yahya Suhada | Ateng San

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may have missed