Pemkot Tangerang Eksekusi 25 Ruko di Cimone

TangerangSatu.co.id KOTA TANGERANG – Sebanyak 25 unit ruko di Permata Jalan Merdeka Kelurahan Cimone Jaya Kecamatan Karawaci dieksekusi Pemerintah Kota Tangerang, Kamis 14 November 2019.

Proses eksekusi pengosongan itu kendati mendapat protes dari sejumlah pihak, namun secara keseluruhan berlangsung aman dan lancar.

Ratusan petugas gabungan dari Satpol PP Kota Tangerang didukung TNI dan Polri serta sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) diterjunkan dalam proses eksekusi tersebut.

Petugas Satpol PP dibantu dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan melakukan pengosongan dengan mengevakuasi barang-barang milik penghuni menggunakan armada truk ke lokasi yang dituju oleh pemilik barang.

Kepala Bidang Penegakan Produk Hukum Daerah Satuan Polisi Pamong Praja (Kabid Gakumda Satpol PP) Kota Tangerang, Kaonang memimpin langsung proses pengosongan 25 unit ruko yang telah habis masa hak guna bangunannya. Pengosongan Ruko ini dipandu oleh petugas dari Dinas Pertanahan Kota Tangerang.

“Sesuai rencana yang disebutkan dalam rapat koordinasi Selasa 12 November 2019, maka hari ini dilakukan eksekusi pengosongan terhadap 25 ruko di Permata Cimone,” terang Kabid Gakumda Satpol PP Kota Tangerang, Kaonang.

Diungkapkan Kaonang, Satpol PP mendapat surat dari Dinas Pertanahan Kota Tangerang terkait pengosongan bangunan di atas lahan milik pemerintah. Sebanyak 25 pengguna bangunan di atas lahan milik pemerintah itu sudah mendapat surat peringatan ke 1, 2 dan 3 dari Dinas Pertanahan.

“Tindakan eksekusi bangunan yang berada di lahan milik Pemkot Tangerang ini dilakukan karena HGB sudah habis. Lahan dan bangunan yang ditempati oleh pemegang HGB itu dikembalikan kepada negara,” jelas Kaonang.

Kaonang menambahkan, HGB 25 ruko yang sudah habis masa berlakunya tidak dapat diperpanjang karena akan dipergunakan oleh Pemkot Tangerang.

Disebutkan Kaonang, berdasarkan SK Kakanwil BPN Provinsi Banten nomor: 01/PBTL/BPN.36/II/2018 tentang Pembatalan Sertifikat HGB nomor 1450/Cimone atas nama PT Purna Bhakti Jaya beserta turunannya yang berada di atas sertifikat Hak Pengelola nomor 1/Cimone atas nama Pemerintah Kabupaten Tingkat II Tangerang, terletak di Kelurahan Cimone Jaya Kecamatan Karawaci – Kota Tangerang dan hasil rapat koordinasi terkait HGB Ruko Permata Cimone, Selasa 12 November 2019, maka tim penegak Kota Tangerang meminta para penghuni untuk segera melakukan pengosongan bangunan terhitung satu hari setelah diterima surat pemberitahuan ini.

“Hari ini, Kamis 14 November 2019 didukung jajaran samping TNI, Polri dan SKPD lain serta Tramtib Kecamatan Karawaci kami melakukan eksekusi pengosongan lahan dan bangunan,” tegas Kabid Gakumda Satpol PP Kota Tangerang, Kaonang.***

Ateng San | Yahya Suhada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may have missed