Songsong Tahun Baru, Warganet Bersatu Melawan Hoax dan Radikalisme untuk Indonesia Maju

Oleh: Zulfikar Ahmad (Relawan Gerakan Literasi Kemajuan Bangsa)

Tahun 2019 sudah hampir selesai, namun di penghujung tahun ini kita masih memiliki tantangan besar yang belum terselesaikan, yakni meredam berita hoax yang marak beredar di dunia maya.

Perjalanan hoax sendiri memang sangat luar biasa terlebih di tahun 2019. Pasalnya di tahun tersebut menjadi momentum politik untuk saling menjatuhkan seseorang.

Belum lagi melalui jejaring media sosial dan internet, hoax menyebar tanpa bisa dicegah. Tidak saja dapat memicu kemarahan dan kebencian terhadap pihak lain, lebih jauh, hoax juga mengancam persatuan dan ideologi bangsa ini.

Ditambah penyebaran dan pergerakan radikalisme di Indonesia kian menjadi, pasalnya musuh negara tersebut terganggu oleh berbagai kebijakan di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo yang memberhangus musuh musuh Pancasila.

Oleh sebab itu melihat hal ini, Warganet siap dukung kebijalan pemerintah seperti melawan hoax dan radikalisme sampai ke akar-akarnya guna mewujudkan persatuan Indonesia menuju kemajuan bangsa.

Di era yang serba modern ini, diperlukan strategi yang efektif, untuk melawan radikalisme dan terorisme. Sebab itu, jadilah warganet yang menjadi agen perubahan dan penebar kebenaran dengan cara posying konten konten positip yang menumbuhkan optimisme bangsa.

Jika warganet bisa melakukan hal ini, secara tidak langsung sudah aktif mendukung program deradikalisasi pemerintah. Selain itu untuk melengkapi semuanya, warganet juga harus menjadi penyebar kebenaran, jangan menjadi penyebar kebencian. Dengan menyeru pada kebenaran, masyarakat akan tidak mudah terpengaruh informasi yang menyesatkan.

Masyarakat beserta warganet pun siap melawan peredaran hoax di sosial media untuk membantu pembangunan Indonesia secara merata. Karena hoax dan radikalisme memiliki keterkaitan. Kedua virus ini terus berupaya meracuni anak bangsa untuk menghancurkan kedaulatan negara Pancasila.

Hal ini semua dilakukan bahwasanya ingin membuktikan jika masyarakat itu tidak takut untuk melawan hoax dan tindakan radikalisme. Selain itu selaras dengan visi bangsa Indonesia, Warganet akan selalu mendukung kebijakan pemerintah selama 5 tahun ke depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may have missed