Beranda Kota Tangerang Antisipasi Intensitas Hujan Tinggi, Petugas Kecamatan Pinang Bersama Warga Bersihkan Saluran Air

Antisipasi Intensitas Hujan Tinggi, Petugas Kecamatan Pinang Bersama Warga Bersihkan Saluran Air

381
0

TangerangSatu.co.id, KOTA TANGERANG – Mengantisipasi intensitas curah hujan tinggi yang diperkirakan bakal mengguyur wilayah Kota Tangerang pada 18 – 19 Februari 2021, jajaran pegawai Kecamatan Pinang dan kelurahan bersama Dinas PUPR Kota Tangerang serta masyarakat melakukan gotong royong membersihkan saluran air di lingkungan yang berpotensi timbul genangan, Kamis 18 Februari 2021.

Di lingkungan RW 01 Kelurahan Kunciran Indah, Camat Pinang Kaonang bersama Sekretaris Kecamatan Pinang Tihadi A didampingi Lurah Kunciran Indah Yudi Hendra Permana memimpin langsung kerja gotong royong membersihkan saluran air yang sudah mendangkal akibat endapan sedimen (lumpur) yang menumpuk.

“Hari ini 11 kelurahan di wilayah Kecamatan Pinang melakukan kerja bakti membersihkan saluran di lingkungan yang berpotensi terjadi genangan air manakala hujan deras mengguyur. Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam dua hari ini cuaca akan turun hujan,” jelas Camat Pinang Kaonang didampingi Sekretaris Kecamatan Pinang Tihadi A dan Lurah Kunciran Indah, Yudi Hendra Permana.

Dikatakan Kaonang, di wilayah Kecamatan Pinang ada lima titik berpotensi terjadi genangan dan banjir. Dalam menanggulangi persoalan tersebut, pihaknya melakukan pembenahan jangka pendek, menengah dan panjang.

“Saat ini kami lakukan pembenahan jangka pendek. Terutama saluran air di RW 01 Kunciran Indah ini sedimennya cukup tinggi dan gorong-gorong di bawah jalan tol tersumbat jaringan kabel dan turapnya kurang tinggi. Kami lakukan pengerukan sedimen dengan menggunakan tenaga manual,” beber Camat Pinang Kaonang.

Sementara penanganan jangka menengah, kata Kaonang perlu dilakukan penurapan dan penyelesaian masalah di ujung muara saluran agar air mengalir lancar dan tak ada genangan di lingkungan Kunciran Indah.

Didampingi kru Pinang TV, Camat Pinang Kaonang pun blusukan ke semak-semak dan rawa menyusuri saluran air di belakang rest area kilometer 14 Tol Jakarta – Tangerang. Ia mencari tahu pangkal persoalan tersumbatnya saluran air yang mengakibatkan sebagian wilayah Kelurahan Kunciran Indah kerap tergenang.

OKP dan Mahasiswa Gotong Royong
Sementara itu di Kelurahan Pinang, gotong royong membersihkan saluran yang dilakukan pihak kelurahan setempat dibantu PMI, KNPI, Karang Taruna dan mahasiswa KKN. Mereka bersama warga melakukan gotong royong.

Ketua PMI Kecamatan Pinang Mumu Rohimu mengatakan pihaknya bersama organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) membantu aparat kelurahan merupakan wujud tanggung jawab terhadap lingkungan.

“Kami merasa kebersamaan dalam membenahi lingkungan hendaknya terus dilakukan agar wilayah kita terhindar dari genangan air,” ujar Mumu Rohimu yang akrab disapa Jaro Mumu.***

• Ateng San

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here