Beranda Kota Tangerang Pasca Lebaran Pemkot Tangerang Maksimalkan Testing Covid-19 Kepada Masyarakat

Pasca Lebaran Pemkot Tangerang Maksimalkan Testing Covid-19 Kepada Masyarakat

139
0

TangerangSatu.co.id, KOTA TANGERANG – Pasca libur panjang lebaran, Pemerintah Kota Tangerang melakukan upaya antisipasi guna mencegah penyebaran Covid-19 salah satunya dengan memaksimalkan testing antigen di beberapa lokasi di Kota Tangerang.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah memaparkan, saat ini Pemkot Tangerang melakukan testing di tiga lokasi yaitu CBD Ciledug, Pasar Lama dan Pasar Malabar serta dua lokasi di titik chek poin penyekatan dengan target 200 testing di setiap titik selama seminggu sebagai langkah Pemkot Tangerang memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

“Informasinya di Pasar Lama dari testing yang kita lakukan ada dua orang positif, satu orang warga Neglasari dan satu orang warga Kabupaten Tangerang,” papar Arief usai gelar rapat bersama OPD di Ruang Ahlakul Kharimah Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Senin 17 Mei 2021.

Untuk Arief mengimbau kepada warga masyarakat untuk tetap berhati-hati, keluar rumah wajib memakai masker jangan sampai terpapar.

Lanjut Arief, menyampaikan hari pertama memasuki kerja setelah libur lebaran Pemkot Tangerang menggelar rapat bersama seluruh Camat dan OPD satgas membahas langkah dalam melakukan testing kepada masyarakat.

“Selain testing yang dilakukan Pemkot Tangerang, masyarakat yang telah melakukan bepergian selama dari 1×24 jam atau lebih dan kembali ke Kota Tangerang wajib membawa surat bebas covid dengan pemeriksaan antigen dan menyerahkan kepada satgas RW dan RT, RT dan RW juga wajib meminta kepada warganya,”

Pada kesempatannya tersebut, Arief juga menjelaskan Pemerintah Kota Tangerang menggelar Operasi Aman Bersama di beberapa wilayah di Kota Tangerang oleh seluruh OPD Pemerintah Kota Tangerang.

“Kami lakukan Operasi Aman Bersama selama tiga hari ke depan, untuk mengingatkan warga masyarakat menggunakan masker dan menerapkan protokol kesehatan,” pungkas Arief.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Liza Puspadewi.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang, Liza Puspadewi mengimbau masyarakat Kota Tangerang untuk melakukan tes swab guna kecepatan tracing kasus covid-19 pasca lebaran.

“Ada baiknya, kita semua untuk tidak ragu melakukan tracing mandiri atau inisiatif melakukan swab. Bisa mengikuti fasilitas swab gratis yang digelar di pusat keramaian, atau mendaftarkan diri ke Puskesmas, atau bisa juga melakukan swab secara mandiri di layakanan kesehatan terdekat,” ungkap Liza, Senin 17 Mei 2021.

Kata Liza, tracing mandiri ini ditujukan untuk memastikan kondisi kesehatan tubuh, tetap aman khususnya dari penularan virus covid-19. Terlebih, demi melindungi keluarga, kerabat, rekan kerja, serta lingkungan sekitar dari penyebaran virus covid-19.

“Seluruh puskesmas di Kota Tangerang memiliki layanan swab gratis. Jadi tidak ada alasan untuk masyarakat tidak mau di swab. Saya harap semua masyarakat koperatif, mau melakukan swab dengan mendaftar di Puskesmas atau ikut layanan swab di pusat keramaian. Semua ini, untuk kebaikan kita semua,” jelasnya.

Operasi Aman Bersama serentak di 11 kelurahan sewilayah Kecamatan Pinang. Camat Pinang Kaonang memimpin langsung Operasi Aman Bersama di Kelurahan Kunciran Indah, Senin sore 17 Mei 2021.

Camat Pinang, Kaonang usai mengikuti rapat bersama Wali Kota Tangerang mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan kerumunan yang bisa menimbulkan klaster baru penyebaran wabah covid.

Diungkapkan Kaonang, sesuai arahan Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, di wilayah Kecamatan Pinang mulai sore ini dilakukan Operasi Aman Bersama serentak di 11 kelurahan yang didukung staf kecamatan.

“Serentak di 11 kelurahan wilayah Kecamatan Pinang pukul 15.30 kita melakukan Operasi Aman Bersama,” terang Camat Pinang Kaonang didampingi Sekretaris Kecamatan Pinang Tihadi A dan Kasi Tramtib Kecamatan Pinang, Sidik Taslim.***

Ateng San

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here