Beranda Kota Tangerang Satu Bulan Digelar Dapur Umum Kecamatan Pinang Terus Bantu Warga Isolasi Mandiri

Satu Bulan Digelar Dapur Umum Kecamatan Pinang Terus Bantu Warga Isolasi Mandiri

122
0

TangerangSatu.co.id, KOTA TANGERANG – Sudah satu bulan lamanya, Kantor Kecamatan Pinang Kota Tangerang menggelar dapur umum untuk membantu pangan bagi warga yang sedang isolasi mandiri (isoman).

Sejak awal (23 Juni 2021) diadakan, Dapur Umum Peduli Covid’19 Kecamatan Pinang tiap hari — kecuali hari Minggu dan Idul Adha — memasak nasi beserta lauknya. Paket nasi dari dapur umum ini dikemas dengan menggunakan kertas nasi dan plastik lalu dimasukkan ke dalam boks kardus/styrofoam.

Camat Pinang Kaonang menerangkan untuk pemenuhan kebutuhan logistik dapur umum, pihaknya menerima donasi dari banyak pihak. Dapur umum hanya menerima bantuan berupa logistik atau barang kebutuhan pangan.

“Kami hanya mau menerima bantuan berupa barang untuk keperluan dapur umum. Misalnya telor, minyak goreng, kecap, sayur mayur. Telor dan sayur mayur beserta bumbu dapur sangat dibutuhkan,” terang Kaonang.

Camat Pinang, Kaonang menghaturkan terima kasih kepada para donatur yang telah menyisihkan rejekinya untuk membantu sesama melalui dapur umum Kecamatan Pinang.

“Di tengah wabah ini, mari terus kita perkuat gotong royong, rasa peduli dan empati untuk membantu saudara-saudara kita yang terpapar covid. Kami juga tak bosan mengingatkan kepada masyarakat untuk senantiasa mematuhi prtokol kesehatan secara ketat,” beber Camat Pinang, Kaonang.

Sekretaris Kecamatan Pinang, Tihadi A menjelaskan dapur umum ini mensuplai pangan untuk warga yang sedang menjalani isoman di 11 wilayah kelurahan Kecamatan Pinang. Tihadi mengungkapkan Dapur Umum Peduli Covid Kecamatan Pinang menyiapkan paket nasi masih tetap minimal 500 boks. Namun dibanding 10 hari sebelumnya, kini cenderung menurun.

“Yang isoman banyak yang sembuh. Mereka sembuh lapor kepada RT/RW diteruskan ke kelurahan. Namun ada juga di wilayah kelurahan yang jumlah warga isolasi mandiri bertambah,” ungkap Sekcam Pinang, Tihadi A.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Tangerang sebagai pembina wilayah kerap memberi bantuan kepada dapur umum Kecamatan Pinang.

Sementara itu mereka yang menyiapkan masakan di dapur umum ini adalah para pegawai bersama Ketua TP PKK Harnaeni Kaonang dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kecamatan Pinang Euis Sopwati Tihadi.

Ketua PMI Kecamatan Pinang, Mumu Rohimu yang akrab disapa Jaro MM sangat mendukung dan mengapresiasi upaya Camat Pinang Kaonang bersama elemen Kecamatan Pinang yang mendirikan dapur umum untuk membantu masyarakat yang isolasi mandiri. Sebagai orang Pinang warga Kota Tangerang, Jaro MM mengaku bangga terhadap upaya maksimal Kecamatan Pinang dalam menangani warga yang isoman.

“Apapun yang kita lakukan ini atas kerjasama semua pihak sehingga dapur umum sampai sekarang masih terus berjalan. Saya bangga dan seneng, begitu responnya Pemerintah Kota Tangerang melalui Kantor Kecamatan Pinang bersama elemennya hal-hal seperti ini dilakukan. Minimal untuk mengurangi beban masyarakat yang isolasi mandiri,” beber Jaro MM.(*)

Ateng San

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here