Beranda Nasional Vaksinasi Ibu Hamil di Kota Tangerang Dimulai

Vaksinasi Ibu Hamil di Kota Tangerang Dimulai

1224
0

TangerangSatu.co.id, KOTA TANGERANG –
Pemerintah Kota Tangerang mulai melakukan vaksinasi bagi ibu hamil di 38 Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang.

Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah meninjau langsung jalannya vaksinasi bagi ibu hamil dengan usia kehamilan mulai 13 hingga 33 minggu.

“Target awalnya 3.157 orang untuk se-Kota Tangerang,” ujar Wali Kota Tangerang usai meninjau vaksinasi Puskesmas Karawaci Baru, Kecamatan Karawaci, Kamis 19 Agustus 2021.

Untuk langkah ke depan, lanjut Arief, Pemkot Tangerang akan bekerjasama dengan 33 rumah sakit di Kota Tangerang untuk menjadi sentra vaksinasi bagi ibu hamil, selain puskesmas dan juga RSUD Kota Tangerang.

“Jika dilihat berdasarkan angka kelahiran, terdapat lebih dari 38 ribu bayi yang lahir dalam satu tahun. Tentunya untuk mempercepat proses vaksinasi bagi ibu hamil. Untuk pendaftaran dilakukan secara online dan dibantu oleh kader posyandu,” imbuhnya.

Lebih lanjut Wali Kota Tangerang mengimbau agar ibu hamil di Kota Tangerang mau untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 demi mencegah terjadinya kematian ibu hamil serta perburukan kondisi karena terjangkit Covid-19. “Secara nasional angka kematian ibu hamil sebanyak 352 dan di Kota Tangerang ada 5 kematian ibu hamil karena Covid-19,” papar Arief.

Pendaftaran vaksinasi bagi hamil di Kota Tangerang dapat dilakukan melalui laman www.vaksinasi.tangerangkota.go.id dengan usia kehamilan antara 13 hingga 33 minggu. “Vaksinasi akan ditunda jika usia kehamilan di bawah 13 minggu,” pungkas Wali Kota Tangerang.

Sementara itu di tempat terpisah, Camat Pinang Kota Tangerang, Kaonang didampingi Lurah Kunciran Indah Rojali dan Kasi Kesmas Kecamatan Pinang Iskandar Muda meninjau pelayanan vaksinasi bagi ibu hamil di Puskesmas Kunciran. Kaonang diterima Kepala Puskesmas Kunciran Darsono, Kamis 19 Agustus 2021.

Vaksinasi untuk ibu hamil ini pendaftarannya menggunakan aplikasi. Agar tidak terjadi penumpukan, kata Kaonang maka pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kunciran dibatasi per hari sebanyak 50 orang.

Kepala Puskesmas Kunciran, Darsono menjelaskan pelayanan vaksinasi bagi ibu hamil ini perdana di Kota Tangerang. Pada pelayanan vaksinasi bagi wanita hamil ini Puskesmas Kunciran Baru bergabung dengan Puskesmas Kunciran.

“Kita target setiap hari vaksinasi untuk ibu hamil sebanyak 50 orang. Jadi kita selama tiga hari tanggal 19, 20 dan 21 Agustus ditargetkan sebanyak 150 orang,” ungkap Kepala Puskesmas Kunciran, Darsono yang didampingi spesialis obstetri dan ginokologi Eko Santoso.

Eko Santoso mengajak para ibu hamil yang belum pernah divaksin covid’19 untuk divaksinasi. “Para ibu hamil di wilayah Kecamatan Pinang, yang belum pernah divaksin mari datang ke Puskesmas Kunciran untuk divaksinasi,” ajaknya.

Ateng San

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here