Beranda Cilegon Hadirkan Pameran Artefak Rasulullah, Festival Al A’zhom Menyedot Perhatian Masyarakat

Hadirkan Pameran Artefak Rasulullah, Festival Al A’zhom Menyedot Perhatian Masyarakat

198
0

TangerangSatu.co.id, KOTA TANGERANG – Gelaran Festival Al A’zhom IX tahun 2022 yang kini tengah berlangsung di Masjid Raya A’zhom Kota Tangerang menyedot perhatian masyarakat. Tiga gelaran spektakuler pada Festival Al A’zhom 2022 — pameran artefak Rasulullah SAW, pameran nasional kaligrafi dan jalan santai sarungan batik disuguhkan kepada masyarakat.

Festival yang digelar 23 September 2022 sampai 5 Oktober 2022 ini tak hanya banyak dikunjungi masyarakat Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Tangerang Selatan, DKI Jakarta, namun tak sedikit mereka datang dari luar daerah yang disebutkan itu.

Gelaran tahunan yang sempat terhenti pada tahun 2020 dan 2021 lantaran diterpa pandemi covid ini, kolaborasi Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) bersama Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Tangerang.

Tim Kreatif Festival Al A’zhom IX tahun 2022, Romi Abidin mengungkapkan sinergitas yang baik Dispora dengan BKPRMI berkaitan dengan remaja pemuda masjid mampu memberikan nuansa berbeda dengan Kota Tangerang yang akhlaqul karimah.

“Ada perekonomian berputar, sehingga masjid ini membawa kemakmuran,” ujar Romi saat ditemui di arena Festival Al A’zhom, Rabu petang 28 September 2022.

Sebagai BKPRMI, Romi mengaku merasa ta’zim adanya jalinan mesra dengan Dispora di bawah pimpinan kepala dinas Kaonang yang sudah bekerja keras memberi dorongan kepada pemuda remaja masjid Kota Tangerang.

“Ini adalah kerja sama yang harmonis antara Dispora dengan BKPRMI. Ketika kita sinergi, itulah yang terbaik, umat merasakan ceria gembira,” terang Romi.

Ketua BKPRMI Kota Tangerang Ahmad Rofiki mengatakan Festival Al A’zhom identik dengan tahun haru Islam, bulan Muharam. Namun pada tahun 2022 ini bergeser mengingat pada awal Muharam kondisi Kota Tangerang masih ada peningkatan covid.

Diadakannya Festival Al A’zhom ini diharapkan adanya peningkatan ekonomi masyarakat dengan digelarnya bazar bagi para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Festival ini setiap digelar selalu menampilkan yang berbeda. Pada tahun ini yang disuguhkan berbeda pada gelaran sebelumnya yakni, pameran artefak Rasulullah SAW, pameran nasional kaligrafi dan jalan santai sarungan batik.

“Jalan sarungan itu ikon kita. Kemaren kita coba pake sarungan batik, namun belum menyeluruh. Insyaa Allah ke depannya akan kita galakkan kembali. Harapan pak Wali Kota agar masyarakat bisa tahu ada batik Kota Tangerang. Sehingga membantu perekonomian masyarakat Kota Tangerang dan kita juga turut melestarikan batik-batik yang ada di Kota Tangerang. Sumbangsih kita menigkatkan ekonomi masyarakat,” beber Ketua BKPRMI Kota Tangerang, Ahmad Rifiki.

Sementara itu Ketua Panitia Festival Al A’zhom IX tahun 2022, Abdul Basit mengungkapkan perhelatan ini bukan hanya menarik perhatian masyarakat Tangerang, melainkan banyak mereka yang datang dari daerah luar Kota Tangerang Raya (Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Tangerang Selatan). Namun ada dari Serang, Bogor, Depok, Bekasi dan Karawang.

“Di jalan santai sarungan warga yang ikut mencapai 10 ribu orang dan menyediakan doorprize utama dua tiket umroh. Sinergitas Pemerintah Kota Tangerang melalui Dispora dengan BKPRMI menurut Abdul Basit terjalin sangat baik sehingga tercipta kegiatan besar ini,” tutur Ketua Panitia Festival Al A’zhom, Abdul Basit.***

• Ateng San

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here