Beranda Ekonomi BIsnis 13 Daftar Lengkap Harga Motor Listrik Subsidi Pemerintah

13 Daftar Lengkap Harga Motor Listrik Subsidi Pemerintah

1442
0

TANGERANGSATU.CO.ID – Pemerintah baru saja mengumumkan pemberian subsidi motor berbasis listrik sebesar Rp7 juta per unit. Subsidi ini berlaku untuk 13 motor berbasis baterai yang diproduksi Indonesia. Kebijakan ini disambut baik oleh 8 produsen motor listrik yang telah memenuhi syarat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebagai penerima subsidi.

Harga awal sebelum mendapat subsidi berada di kisaran Rp16 juta hingga Rp40 jutaan. Jika Anda tertarik tapi belum memiliki dana cash, Anda bisa mendapatkan pinjaman online hingga Rp12 juta untuk membeli motor berbasis listrik bersubsidi pemerintah .

Daftar Motor Penerima Subsidi Pemerintah
Sampai saat ini, produsen motor listrik yang mendapat subsidi pemerintah berjumlah 8 perusahaan. Tiga perusahaan sudah bergabung sejak awal adalah gesits, Volta, dan Selis. Sedangkan merek lain yang baru bergabung adalah United, Smoot, Viar, Polytron, dan Rakata.

Dalam persyaratan yang ditetapkan pemerintah, produsen dilarang menaikkan harga jual motor setelah resmi mendapat subsidi dari pemerintah. Berikut ini daftar lengkap 13 model motor berbasis listrik dari 8 perusahaan yang mendapat subsidi pemerintah.

1. Gesits G1
Sebelum mendapat subsidi, harga penawaran Gesit G1 sebesar Rp28 jutaan, kini menjadi Rp21 jutaan. Motor berbasis listrik ini memiliki tenaga kuda sebesar 6,7 dengan sokongan baterai Lithium NCM. Kapasitas baterai sebesar 3 kWh yang memberi kekuatan motor melaku hingga 100 km/jam dalam kondisi baterai terisi penuh.

2. United
United merupakan perusahaan yang telah lama sukses sebagai produsen sepeda. Saat ini, United menambah produksinya berupa motor berbasis listrik. Tipe yang ditawarkan mampu memenuhi persyaratan mendapat subsidi pemerintah, yaitu T1800 dengan harga awal sebesar Rp30 jutaan. Dilengkapi dengan baterai Lithium 60V28Ah, tenaga BOSCH 60V1800W, dan torsi 27 Nm.

Dalam kondisi 100% dan kecepatan normal bisa mencapai maksimum 70 km/jam dan jarak tempuh 60 km pada kecepatan rata-rata 50-60 km/jam. Tipe lain yang juga mendapat subsidi pemerintah adalah United TX3000 dengan harga awal Rp49 jutaan dan United TX1800 dengan harga awal Rp33 jutaan.

3. Volta
Volta memiliki dua tipe motor berbasis listrik, yaitu Virgo dan 401, namun yang mendapat subsidi pemerintah sebesar Rp7 juta hanya Volta 401. Dengan kecepatan maksimal hingga 60 km/jam jika menggunakan satu baterai dan 120 km/jam jika menggunakan dua baterai, motor ini dibanderol dengan harga Rp 16,9 jutaan dan setelah mendapat subsidi menjadi Rp9,9 jutaan.

Harga motor keluaran Volta kini lebih terjangkau dengan menggunakan pinjaman online. Anda bahkan bisa mendapat tambahan dana hingga Rp12 juta dan bisa langsung cair di hari yang sama dengan pengajuan pinjaman untuk membawa pulang Volta 401.

4. Selis
Motor berbasis listrik dengan harga terjangkau datang dari brand Selis yang menyediakan dua tipe, yaitu E-MAX dan Agats. Sebelum subsidi, Selis E-MAX dibanderol dengan harga 16,9 jutaan memiliki kecepatan maksimum 50 km/jam dengan jarak tempuh 40 km. Sedangkan penawaran harga awal Selis Agats sebesar Rp25,9 jutaan dengan kecepatan maksimum 60 km/jam berjarak tempuh 50 km.

5. Viar
Viar menawarkan sejumlah motor listrik di pasaran Indonesia, namun tipe Q1 dengan harga awal sebesar Rp21 juta kini bisa Anda dapatkan dengan harga subsidi Rp14 juta. Viar Q1 dilengkapi dengan dua baterai berukuran 60V23Ah dan memiliki kecepatan maksimum 60 km/jam.

6. Polytron
Perusahaan yang sudah sangat mapan di industri elektronik, kini turut menjajaki pasar motor berbasis listrik dengan produk PEV 30M1 Rox-R. Motor yang dibanderol dengan harga Rp20 jutaan sebelum mendapat subsidi ini dibekali baterai dengan kapasitas 3,7 kWh dan mampu melaju dengan kecepatan hingga 90 km/jam. Pengisian baterai cepat selama 4,5 jam untuk mencapai 80% daya dan dapat digunakan hingga jarak tempuh 130 km pada kondisi baterai penuh.

7. Rakata
Dari merek Rakata tersedia dua tipe motor berbasis listrik yang mendapat subsidi pemerintah. Rakata X5 Menggunakan motor BOSCH 1750 watt. Ditenagai dengan baterai Lithium 60V20Ah. Saat terisi penuh, motor bisa mencapai jarak tempuh sejauh 60 km dengan kecepatan maksimum 55 km/jam.

Sebelum subsidi, X5 dibanderol seharga Rp22 jutaan dan dibekali juga dengan baterai tambahan. Tipe kedua adalah Rakata S9 yang dibanderol dengan harga Rp17 jutaan sebelum subsidi. Tipe ini dibekali dengan motor penggerak 800 watt yang memiliki kecepatan maksimum 50 km/jam. Selain itu tersedia juga baterai Sealed lead Acid (SLA) atau baterai gel dengan kapasitas 60V20Ah yang mampu menempuh jarak hingga 60 km.

8. Smoot
Perusahaan terakhir yang mendapat subsidi pemerintah adalah Smoot yang menghadirkan dua tipe motor berbasis listrik. Smoot tempur dengan baterai lithium Ion berkapasitas 64V22,5Ah mampu melaju hingga jarak 60 km. Tipe ini dibanderol Rp 18 jutaan sebelum subsidi. Selanjutnya tersedia pilihan Smoot Zuzu yang cocok untuk pengendara Generasi Z. Motor dengan desainnya trendi bergaya masa kini memiliki kecepatan maksimum hingga 60 km/jam dan jarak tempuh sejauh 60 km.

Motor listrik digadang-gadang sebagai alat transportasi masa kini yang diciptakan untuk menghemat bahan bakar minyak. Harga yang ditawarkan mengikuti kualitas, spesifikasi, dan fitur yang dimiliki setiap tipe. Jika Anda tertarik memiliki motor berbasis listrik, Anda dapat memilih jenis yang telah mendapat subsidi pemerintah.

Kendaraan jenis ini juga tersedia lengkap di Shopee, marketplace yang menyediakan berbagai macam produk berkualitas terbaik. Pembelian melalui Shopee lebih mudah dengan metode pembayaran yang bisa Anda lakukan dengan berbagai cara, seperti transfer bank atau cash di toko merchant.

Anda juga bisa memanfaatkan fitur pinjaman online di SPinjam jika saat ini dana cash belum tersedia. Dapatkan pinjaman hingga Rp12 juta dan langsung cari di hari yang sama dengan pengajuan. Segera miliki motor listrik melalui Shopee sekarang juga!***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here