Beranda Kota Tangerang Camat Pinang: Normalisasi Situ Cipondoh untuk Mengatasi Banjir di Kunciran Indah

Camat Pinang: Normalisasi Situ Cipondoh untuk Mengatasi Banjir di Kunciran Indah

729
0

TangerangSatu.co.id, KOTA TANGERANG – Keluhan warga Kelurahan Kunciran Indah mengenai lingkungannya yang bertahun-tahun kerap terendam banjir bila hujan turun deras, diteruskan oleh Camat Pinang Kaonang kepada Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah. Keluhan itu langsung direspon orang nomor satu di Kota Tangerang itu.

Melalui Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Tangerang, kini saluran air dari wilayah Kelurahan Kunciran Indah yang bermuara di Situ Cipondoh Kelurahan Neroktog dan Kunciran Jaya tengah dilakukan pengerukan atau normalisasi.

Endapan lumpur dan gulma yang memenuhi situ tersebut sehingga terjadi pendangkalan, oleh petugas PUPR Kota Tangerang dikeruk menggunakan alat berat beko (excavator) amfibi. Pengerukan situ itu mencapai dua meter.

Camat Pinang, Kaonang

Camat Pinang Kaonang saat meninjau lokasi pengerukan hilir kali yang kerap membuat lingkungan warga Kunciran Indah kebanjiran mengatakan normalisasi ini situ Cipondoh dari Gang Ambon Neroktog sampai Eretan sangat berpengaruh terhadap kelancaran arus air dari Kunciran.

“Normalisasi ini penting. Agar warga di wilayah Kunciran Indah tidak selalu kebanjiran manakala hujan. Bila nanti sudah dinormalisasi masih belum maksimal hasilnya, maka akan kita usulkan agar dibuatkan dam oleh Pemkot Tangerang,” jelas Camat Pinang Kaonang saat meninjau pelaksanaan normalisasi, Rabu 28 April 2021.

Dalam suasana pandemi covid’19 yang masih merebak, Kaonang terus mengingatkan masyarakat untuk melakukan protokol kesehatan ketat dan menjaga kesehatan tubuh.

Koordinator Wilayah Timur PUPR Kota Tangerang, Basri

Koordinator Wilayah Timur PUPR Kota Tangerang, Basri meminta kepada Camat Pinang dan para di dua wilayah (Kunciran Jaya dan Neroktog) untuk menginformasikan warga penggarap lahan di kawasan itu bahwa ada pelaksanaan pengerukan aliran sungai dan Situ Cipondoh agar tidak terjadi salah paham.

“Di dekat Ngkong Haji Jaban juga ada jalan yang akan dibuat gorong-gorong agar air mengalir dari Kunciran Indah lancar. Dengan dilakukan normalisasi Situ Cipondoh ini mudah-mudahan ke depannya bisa mengurangi banjir di wilayah yang selama ini sering tergenang,” jelas Basri.

Pelaksanaan normalisasi Situ Cipondoh ini sambung Basri, direncanakan sampai tuntas dari dekat Gang Ambon sampai Eretan. Basri menyampaikan terima kasih atas dukungan Camat Pinang Kaonang dan Lurah Neroktog Nurhasan serta Lurah Kunciran Jaya Mulyadi.***

• Ateng San

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here