Beranda Kota Tangerang Bulan Imunisasi Anak Sekolah Tahap II, Dinkes Kota Tangerang Sasar Imunisasi Difteri...

Bulan Imunisasi Anak Sekolah Tahap II, Dinkes Kota Tangerang Sasar Imunisasi Difteri dan Tetanus

30
0

TANGERANGSATU.CO.ID, KOTA TANGERANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang terus menggencarkan pemberian imunisasi yang menyasar anak-anak di Sekolah Dasar (SD) dan sederajat di Kota Tangerang. Memasuki bulan November ini, Dinkes Kota Tangerang mulai memfokuskan pemberian imunisasi dengan menyasar imunisasi DT (Dhipteria Tetanus) dan TD (Tetanus Diphteria).

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Tangerang, Harmayani menuturkan, pemberian imunisasi DT dan TD ini dilakukan sebagai tahapan lanjutan dari pemberian imunisasi pada anak sekolah yang telah dilakukan saat bulan Agustus kemarin. Saat ini, Dinkes Kota Tangerang menargetkan penuntasan aktualisasi Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dengan tujuan melindungi anak-anak di Kota Tangerang dari penyakit infeksi, seperti difteri, tetanus, dan batuk rejan (pertussis).

“Setiap tahun pada bulan Agustus dan November kami menggencarkan imunisasi dalam rangka BIAS. Khusus di tahap ini, kami memberikan imunisasi DT untuk anak kelas II atau berusia sekitar delapan tahun, dan TD untuk anak kelas V atau berusia sekitar sebelas tahun,” ujar Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinkes Kota Tangerang, Harmayani, Kamis 16 November 2023.

Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Provinsi Banten, Didik Wijayanto menambahkan, pemberian imunisasi DT dan TD untuk anak sekolah ini merupakan langkah yang sangat penting bagi kondisi kesehatan di Kota Tangerang. Terlebih, Dinkes Kota Tangerang telah berkomitmen akan memberikan imunisasi ini dengan menyasar 446 SD, 107 Madrasah Ibtidaiyah (MI), dan 3 Sekolah Kebutuhan Khusus (SKH).

“Perlahan kita harus mengubah paradigma masyarakat bahwa imunisasi lanjutan untuk anak-anak sekolah ini sangat penting, tidak hanya terbatas untuk balita. Mengingat, imunisasi ini bisa mencegah dari penyakit-penyakit yang sangat berbahaya,” tambahnya.

Selain itu, pemberian imunisasi pada anak sekolah ini juga dinilai mempunyai dampak yang signifikan, mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh dalam waktu yang lama, mencegah beberapa penyakit khusus, serta mengurangi potensi kematian pada usia anak-anak.

“Jangan lupa untuk seluruh masyarakat mengimunisasikan anak-anaknya, layanan imunisasi ini bisa didapatkan di seluruh sekolah sesuai dengan jadwalnya masing-masing, serta tentunya bisa didapatkan secara gratis,” pungkas Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinkes Kota Tangerang, Harmayani.***

Ateng San

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here